Pakai Cara Simpel Ini Agar Umur Aki Mobil Panjang

Maret 23, 2018
By jandika
Pakai Cara Simpel Ini Agar Umur Aki Mobil Panjang-otospector

Baterai mobil atau lazim kita sebut sebagai aki merupakan bagian yang cukup esensial. Mulai dari starter mobil hingga sistem lampu tergantung pada kehadirannya. Umumnya, aki dapat bertahan sekitar 2 tahun, namun Anda juga dapat memperpanjang umur aki mobil dengan beberapa cara simpel berikut ini!

#1: Jangan Menyalakan AC & Radio

Menyalakan Audio Tape

Simpel, namun kebiasaan menyalakan air conditioning (AC) dan radio/tape mobil saat mesin dalam keadaan mati masih sering dilakukan orang. Banyak yang menganggap, hal ini wajar saja dilakukan sebab ketika mesin menyala maka energi aki akan kembali terisi. Ternyata anggapan tersebut keliru!

Menggunakan perangkat bertenaga listrik ketika mesin mati akan berdampak pada soaknya aki. Bahkan habisnya energi aki bisa lebih cepat bila kebiasaan tersebut sering dilakukan. Jadi, mulai dari sekarang biasakanlah menyalakan mesin ketika menggunakan AC, radio, dan beberapa perangkat lainnya ya!

#2: Jaga Kebersihan Aki Mobil

Jaga Kebersihan Aki

Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan atau sekadar menyeka aki. Sepele memang, namun bila Anda secara reguler melakukan hal ini, umur aki mobil bisa lebih awet. Jika hal ini tidak dilakukan, khususnya bila kotoran dan noda pada terminal aki dibiarkan bertumpuk, maka usia baterai pun bisa semakin pendek.

Bila ada kotoran yang berkerak, Anda dapat melakukan pembersihan dengan cara mencukilnya menggunakan obeng. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan bahwa kabel baterai sudah dilepas. Pastikan pula bahwa kondisi aki aman dan tidak kendor ketika mesin dinyalakan.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak

#3: Bawa Mobil Jalan Jauh

Berkendara Jauh Dengan Mobil Bekas

Di Indonesia sudah tidak jarang lagi orang-orang yang memiliki mobil lebih dari satu. Ketika itu terjadi, ada sebagian orang yang lebih senang menggunakan satu mobil saja, sementara yang lainnya dibiarkan terparkir di garasi. Jangan sampai ini terjadi sebab aki bisa cepat soak.

Ada baiknya mobil secara rutin dibawa jalan jarak jauh dan agak ngebut untuk memperpanjang umur aki. Kenapa? Karena alternator, komponen yang melakukan pengisian aki, akan lebih maksimal melakukan pengisian pada RPM yang agak tinggi di kisaran 2.000 RPM.

Jika dibawa jalannya hanya jarak pendek dan pelan, maka pengisian aki tidak akan maksimal. Bila Anda tidak sempat melakukannya, siapkanlah alat charger khusus untuk aki agar kondisinya tetap terisi dan terjaga.

Garansi Mobil Bekas

#4: Men-servis Mobil Secara Berkala

Servis Rutin Mobil Bekas

Kondisi mesin mobil yang buruk ternyata dapat menguras tenaga listrik dari aki lebih banyak. Jadi, jika tidak ingin aki serta komponen lain mudah rusak, lakukanlah servis mobil secara berkala sesuai anjuran pabrik. Selain pengecekan mesin, aki pun tidak akan terlewat untuk dicek sehingga kondisi tetap terawat sehingga umurnya pun semakin panjang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca lebih lanjut

Simak Ya, Harga Mobil Agya Bekas Per September 2024

Januari 15, 2024
Toyota Agya merupakan salah satu produk low cost green car (LCGC) kerjasama Toyota dan Daihatsu yang sangat diminati di Indonesia. Toyota Agya dapat dikatakan sebagai mobil yang ideal untuk penggunaan pribadi atau keluarga kecil. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, Toyota Agya terus mengalami penyempurnaan hingga tahun 2020. Meski begitu mobil ini tetap ada berbagai
Baca lebih lanjut

Inilah 5 Harga Mobil Suzuki Bekas 2024 Pada Kisaran Rp 50 Juta

Januari 15, 2024
Buat yang mau beli mobil Suzuki, di bursa mobil bekas, harga mobil Suzuki sangat ditentukan oleh popularitas dan kualitas produk tersebut saat dipasarkan. Beberapa jenis mobil harganya cukup stabil. Namun ada pula yang terdepresiasi cukup banyak, meski kualitasnya bersaing bahkan lebih baik dibanding kompetitor. Cari yuk Suzuki lama, harga mulai 50 juta. Sejak kehadirannya di
Baca lebih lanjut