5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
By Getan Metodius
5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas-otospector

Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah pasti kualitas nya yang masih sangat bagus. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karena biasanya sebagian orang membeli mobil bekas itu pasti banyak sekali yang dipikirkan, seperti cara perawatannya, harganya, dan lain sebagainya. Apa lagi di era sekarang ini sudah modern, karena untuk merawat mobil bekas sudah tidak ribet lagi, asalkan sudah tahu cara perawatannya. Jika perawatan sudah baik, maka mobil bekas kamu bisa berfungsi juga dengan baik, dan sudah terbebas dari karat.

Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat mobil bekas kamu agar tetap awet dan terhindar dari karat.

#1: Rutin Servis.

rutin service mobil

Sumber: blibli

Cara pertama untuk merawat mobil bekas kamu adalah dengan cara melakukan servis secara rutin. Hal ini dilakukan untuk selalu memastikan kalau setiap bagian mobil kamu dapat berfungsi dengan sangat baik. Selain itu juga jika kamu rutin melakukan servis maka bisa membantu kamu untuk menghindari masalah yang tak terduga yang ujung-ujung akan menimbulkan masalah yang serius pada mesin mobil kamu.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

#2: Rutin Mengganti Oli.

ganti oli mobil

Sumber: KKB BCA

Lalu cara yang kedua ini adalah kamu harus rutin mengganti oli mobil kamu. Seperti yang kita ketahui bahwa oli menjadi peran yang sangat penting untuk mesin mobil karena fungsi oli pada mesin mobil untuk melumasi komponen mesin mobil agar tidak mudah cepat haus. 

Jika oli mesin mobil kamu sudah kotor maka kinerja nya akan semakin menurun dan tidak berfungsi pada semestinya. Maka dari itu kamu harus rutin mengganti oli agar mesin mobil kamu tetap bekerja dengan baik.

#3: Menghindari Dari Genangan Air.

mobil lewati genangan

Sumber: Mitsubishi Motors

Cara perawatan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghindar dari genangan air yang ada di jalan. Karena jika kamu sudah terlalu sering menerobos genangan air maka itu bisa menyebabkan mesin kamu jadi korosi atau karatan. 

Yang perlu diketahui air yang berada di dalam genangan tersebut sudah mengandung garam yang bisa menyebabkan proses oksidasi pada besi sehingga dalam proses tersebut dalam menyebabkan karat atau korosi. 

#4: Selalu Rawat Mesin Mobil.

perawatan mesin mobil

Sumber: Kawan Lama

Jika mesin mobil kamu di rawat dengan baik maka yang akan terjadi mesin mobil kamu umurnya akan lebih panjang serta akan memiliki performa yang sangat baik, dan mobil bekas kamu dikategorikan sebagai mesin yang sehat.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah tetap menggunakan bahan bakar yang premium, dan juga rutin untuk membersihkan serta memeriksa bagian komponen pada mesin mobil.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

#5: Tetap Berada di Kapasitas Beban Yang Dianjurkan.

barang bawaan mobil

Sumber: Warta Kota

Yang terakhir adalah jangan biarkan mobil kamu berada di kapasitas yang terlalu berat. Misalnya jangan mengangkut beban yang berat, yang melebihi dari kapasitas mobil pada umumnya. Karena jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada rem, suspensi, serta komponen lainnya. 

Saran beli mobkas:

Seperti di awal pembahasan tadi Otofriends, kita perlu tahu manakah mobil yang patut kita beli. Dengan begitu kita akan nyaman menggunakannya, kalau mau beli mobil bekas pakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja deh, no 1 di Indonesia.

Inspeksi mobil dari Otospector sebagai pionir dan terbaik di Indonesia. Beli mobil bekas? Gak takut dong, ada Otospector yang bantuin.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Maret 15, 2024
Pada bidang otomotif, salah satu kata kunci pencarian yang populer di internet adalah tentang harga mobil bekas murah di bawah 50 juta. Fakta ini sekaligus jadi bukti, di segmen tertentu, di samping kebutuhan calon pembeli, faktor harga masih sangat diperhitungkan. Di bursa mobil bekas, segmen yang sesuai dengan kriteria pencarian itu adalah city car. Dengan
Baca Lebih Lanjut

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut