otospector-image-Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?

Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?

Oktober 01, 2018
By jandika

Pada tahun 2016 tersiar kabar bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan umur mobil layak pakai di jalanan. Peraturan ini dicanangkan dengan tujuan untuk membatasi populasi mobil. Bila telah melewati batas usia yang ditentukan, maka mobil tersebut harus didaur ulang.

Umur Mobil Layak Pakai

Usia Mobil Bekas Layak Pakai

Aturan mengenai pembatasan usia kendaraan layak pakai di Jakarta telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang transportasi. Disebutkan bahwa mobil yang dikendarai di jalan raya usianya tak boleh lebih dari 10 tahun. Biarpun telah bergulir beberapa tahun, namun perda tersebut belum diberlakukan untuk mobil pribadi melainkan baru untuk angkutan umum saja.

Hingga saat ini, mobil pribadi dengan usia lebih dari 10 tahun masih banyak wara-wiri di jalan. Semakin tua usianya, tentu saat dijual harganya pun semakin turun. Hal ini pun kemudian jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan namun dengan harga murah.

Di sisi lain, seiring bertambahnya usia mobil maka potensi kerusakan yang terjadi pun kian besar. Jangan jadikan kenyamanan berkendara sebagai taruhan dengan harga murah. Maka itu, sebelum Anda membeli ketahuilah dulu umur mobil layak pakai berikut ini.

Mobil Bekas yang Berusia 1-2 Tahun

Showroom Mobil Bekas

Mobil second yang masih berusia satu hingga dua tahun dapat dikatakan masih layak pakai di jalanan. Umumnya kondisi kendaraan-kendaran yang terbilang muda ini masih baik bila tak terkena kecelakaan. Selain itu, perlindungan garansi pun masih berlaku bila mobil tak mengalami modifikasi.

Adapun beberapa kerusakan yang terjadi pada mobil bekas tersebut tergolong sangat kecil. Misalnya, kondisi aki yang mulai turun performa atau ban yang mulai menipis. Tentunya Anda akan lebih tenang bila membeli mobil bekas dengan usia muda tersebut bukan OtoFriends?

Baca Juga: 5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

Mobil Bekas Berusia 3-4 Tahun

Dealer Mobil Bekas

Saat mencapai usia tiga hingga empat tahun, sebuah mobil yang digunakan secara normal dapat mengalami sejumlah penurunan kondisi. Banyak bagian mobil yang mulai kotor sehingga mempengaruhi kerja mesin. Ban yang kondisinya makin gundul pun harus sudah diganti.

Saat akan memilih mobil bekas yang berada di usia ini, lakukanlah inspeksi kondisi secara menyeluruh terlebih dulu. Hasil tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah kondisinya sepadan dengan harga yang ditawarkan. Bila tak ada kerusakan berarti, maka mobil tersebut layak digunakan.

Baca Juga: Inilah Keuntungan Melakukan Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Membelinya

Mobil Bekas Berusia di Atas 5 Tahun

Showroom Mobil Bekas

Mobil second di atas lima tahun yang dijual di bursa kendaraan bekas bisa mengalami depresiasi hingga 20% bahkan sampai 40% dari harga belinya untuk yang berusia tua.

Katakanlah Anda ingin membeli sedan Suzuki Baleno keluaran 1996. Dulu, harganya mungkin menyentuh angka ratusan juta rupiah. Di tahun 2018, harganya turun hingga sekitar Rp45 juta-an. Sangat murah ya, OtoFriends?

Tentunya dengan harga semurah itu, ada pula risiko yang perlu Anda tanggung. Kondisi mobil yang tak lagi mulus dan nyaman adalah beberapa hal di antaranya. Lebih detailnya, kerusakan yang terjadi umumnya dapat dilihat pada beberapa bagian ini:

  • Bagian mobil yang terbuat dari karet seperti karet jendela, karet suspense, belt, wiper, dan lainnya mulai berkurang elastisitasnya.
  • Cat bodi yang memudar serta beberapa bagian yang terkelupas dan pecah.
  • Interior mobil dari plastik dan kain sudah lusuh.
  • Terdapat bagian yang berkarat, baik pada bodi maupun pada onderdil lainnya. Umumnya karat ini terjadi pada bagian yang terbuat dari material besi.
  • AC tidak lagi sedingin tak sebersih ketika di 1-2 tahun pertama.
  • Shockbreaker mulai aus.

Banyaknya bagian yang sudah tak lagi prima kondisinya tentu membuat mobil ini memerlukan budget perawatan yang lebih besar. Itulah mengapa umur mobil layak pakai di atas 10 tahun tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda ya OtoFriends!

Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?

Oktober 01, 2018
By jandika

Pada tahun 2016 tersiar kabar bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan umur mobil layak pakai di jalanan. Peraturan ini dicanangkan dengan tujuan untuk membatasi populasi mobil. Bila telah melewati batas usia yang ditentukan, maka mobil tersebut harus didaur ulang.

Umur Mobil Layak Pakai

Usia Mobil Bekas Layak Pakai

Aturan mengenai pembatasan usia kendaraan layak pakai di Jakarta telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang transportasi. Disebutkan bahwa mobil yang dikendarai di jalan raya usianya tak boleh lebih dari 10 tahun. Biarpun telah bergulir beberapa tahun, namun perda tersebut belum diberlakukan untuk mobil pribadi melainkan baru untuk angkutan umum saja.

Hingga saat ini, mobil pribadi dengan usia lebih dari 10 tahun masih banyak wara-wiri di jalan. Semakin tua usianya, tentu saat dijual harganya pun semakin turun. Hal ini pun kemudian jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan namun dengan harga murah.

Di sisi lain, seiring bertambahnya usia mobil maka potensi kerusakan yang terjadi pun kian besar. Jangan jadikan kenyamanan berkendara sebagai taruhan dengan harga murah. Maka itu, sebelum Anda membeli ketahuilah dulu umur mobil layak pakai berikut ini.

Mobil Bekas yang Berusia 1-2 Tahun

Showroom Mobil Bekas

Mobil second yang masih berusia satu hingga dua tahun dapat dikatakan masih layak pakai di jalanan. Umumnya kondisi kendaraan-kendaran yang terbilang muda ini masih baik bila tak terkena kecelakaan. Selain itu, perlindungan garansi pun masih berlaku bila mobil tak mengalami modifikasi.

Adapun beberapa kerusakan yang terjadi pada mobil bekas tersebut tergolong sangat kecil. Misalnya, kondisi aki yang mulai turun performa atau ban yang mulai menipis. Tentunya Anda akan lebih tenang bila membeli mobil bekas dengan usia muda tersebut bukan OtoFriends?

Baca Juga: 5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

Mobil Bekas Berusia 3-4 Tahun

Dealer Mobil Bekas

Saat mencapai usia tiga hingga empat tahun, sebuah mobil yang digunakan secara normal dapat mengalami sejumlah penurunan kondisi. Banyak bagian mobil yang mulai kotor sehingga mempengaruhi kerja mesin. Ban yang kondisinya makin gundul pun harus sudah diganti.

Saat akan memilih mobil bekas yang berada di usia ini, lakukanlah inspeksi kondisi secara menyeluruh terlebih dulu. Hasil tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah kondisinya sepadan dengan harga yang ditawarkan. Bila tak ada kerusakan berarti, maka mobil tersebut layak digunakan.

Baca Juga: Inilah Keuntungan Melakukan Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Membelinya

Mobil Bekas Berusia di Atas 5 Tahun

Showroom Mobil Bekas

Mobil second di atas lima tahun yang dijual di bursa kendaraan bekas bisa mengalami depresiasi hingga 20% bahkan sampai 40% dari harga belinya untuk yang berusia tua.

Katakanlah Anda ingin membeli sedan Suzuki Baleno keluaran 1996. Dulu, harganya mungkin menyentuh angka ratusan juta rupiah. Di tahun 2018, harganya turun hingga sekitar Rp45 juta-an. Sangat murah ya, OtoFriends?

Tentunya dengan harga semurah itu, ada pula risiko yang perlu Anda tanggung. Kondisi mobil yang tak lagi mulus dan nyaman adalah beberapa hal di antaranya. Lebih detailnya, kerusakan yang terjadi umumnya dapat dilihat pada beberapa bagian ini:

  • Bagian mobil yang terbuat dari karet seperti karet jendela, karet suspense, belt, wiper, dan lainnya mulai berkurang elastisitasnya.
  • Cat bodi yang memudar serta beberapa bagian yang terkelupas dan pecah.
  • Interior mobil dari plastik dan kain sudah lusuh.
  • Terdapat bagian yang berkarat, baik pada bodi maupun pada onderdil lainnya. Umumnya karat ini terjadi pada bagian yang terbuat dari material besi.
  • AC tidak lagi sedingin tak sebersih ketika di 1-2 tahun pertama.
  • Shockbreaker mulai aus.

Banyaknya bagian yang sudah tak lagi prima kondisinya tentu membuat mobil ini memerlukan budget perawatan yang lebih besar. Itulah mengapa umur mobil layak pakai di atas 10 tahun tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda ya OtoFriends!

Baca Post Lainnya

Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Oktober 13, 2019
Berbeda dengan mobil baru yang jelas asal-usulnya, mobil bekas terkadang bisa punya beragam latar belakang. Salah satunya, mobil tersebut berasal dari aktivitas ilegal, alias curian. Secara fisik, antara mobil legal dan ilegal, tentu saja tidak ada perbedaan secara langsung. Namun bukan berarti kita tidak bisa membedakannya. Asalkan cermat dalam memilih, kita bisa mendapat “warning”, apakah
Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta
Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta
Oktober 07, 2019
Saat ini,  mobil jenis SUV masih menjadi salah satu segmen di industri otomotif yang terus mendapat respon baik dari masyarakat. Kondisi jalan serta alam Indonesia, rupanya membuat SUV menjadi kebutuhan dari masyarakat. Hanya saja, perlu diingat bahwa mobil bekas SUV biasanya dijadikan kendaraan “operasional” sehari-hari. Dia bekerja keras dan biasanya seluruh kemampuannya benar-benar dimaksimalkan. Karena
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Oktober 13, 2019
Berbeda dengan mobil baru yang jelas asal-usulnya, mobil bekas terkadang bisa punya beragam latar belakang. Salah satunya, mobil tersebut berasal dari aktivitas ilegal, alias curian. Secara fisik, antara mobil legal dan ilegal, tentu saja tidak ada perbedaan secara langsung. Namun bukan berarti kita tidak bisa membedakannya. Asalkan cermat dalam memilih, kita bisa mendapat “warning”, apakah
Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta
Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta
Oktober 07, 2019
Saat ini,  mobil jenis SUV masih menjadi salah satu segmen di industri otomotif yang terus mendapat respon baik dari masyarakat. Kondisi jalan serta alam Indonesia, rupanya membuat SUV menjadi kebutuhan dari masyarakat. Hanya saja, perlu diingat bahwa mobil bekas SUV biasanya dijadikan kendaraan “operasional” sehari-hari. Dia bekerja keras dan biasanya seluruh kemampuannya benar-benar dimaksimalkan. Karena
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!
Oktober 05, 2019
Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya. Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris,
Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya
Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya
September 29, 2019
Mobil hatchback selama ini dikenal sebagai mobil yang kompak, gesit, namun soal gaya dan performa tidak kalah dengan mobil-mobil pada segmen lainnya. Boleh dibilang, inilah mobil yang cocok dipergunakan untuk kawasan perkotaan. Dengan karakteristiknya, hatchback umumnya dipergunakan oleh mereka yang sehari-harinya aktif dan tetap trendy. Contohnya, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan ibu-ibu yang sehari-hari sibuk mengurus
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Kita Perlu Waspada Pada Mobil Bekas Ilegal. Mari Kenali Cirinya
Oktober 13, 2019
Berbeda dengan mobil baru yang jelas asal-usulnya, mobil bekas terkadang bisa punya beragam latar belakang. Salah satunya, mobil tersebut berasal dari aktivitas ilegal, alias curian. Secara fisik, antara mobil legal dan ilegal, tentu saja tidak ada perbedaan secara langsung. Namun bukan berarti kita tidak bisa membedakannya. Asalkan cermat dalam memilih, kita bisa mendapat “warning”, apakah
Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta
Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta
Oktober 07, 2019
Saat ini,  mobil jenis SUV masih menjadi salah satu segmen di industri otomotif yang terus mendapat respon baik dari masyarakat. Kondisi jalan serta alam Indonesia, rupanya membuat SUV menjadi kebutuhan dari masyarakat. Hanya saja, perlu diingat bahwa mobil bekas SUV biasanya dijadikan kendaraan “operasional” sehari-hari. Dia bekerja keras dan biasanya seluruh kemampuannya benar-benar dimaksimalkan. Karena
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!
Oktober 05, 2019
Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya. Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris,
Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya
Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya
September 29, 2019
Mobil hatchback selama ini dikenal sebagai mobil yang kompak, gesit, namun soal gaya dan performa tidak kalah dengan mobil-mobil pada segmen lainnya. Boleh dibilang, inilah mobil yang cocok dipergunakan untuk kawasan perkotaan. Dengan karakteristiknya, hatchback umumnya dipergunakan oleh mereka yang sehari-harinya aktif dan tetap trendy. Contohnya, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan ibu-ibu yang sehari-hari sibuk mengurus
Inilah 5 Rekomendasi Mobil Bekas Untuk Wanita
Inilah 5 Rekomendasi Mobil Bekas Untuk Wanita
September 27, 2019
Konon kabarnya, memilih mobil untuk wanita, agak-agak sedikit ribet. Sebab pertimbangan utamanya katanya bukanlah soal teknis belaka. Melainkan juga soal rasa aman, praktis, dan tentu saja modelnya yang harus “cantik”. Menariknya, pengetahuan tentang mobil untuk wanita ini bukan hanya harus diketahui wanita saja. Namun termasuk juga pasangan atau orang tua, yang mungkin akan membelikan mobil