otospector-image-5 Tips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

5 Tips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

September 16, 2017
By jandika

Kondisi kopling mobil Anda ternyata berpotensi mengalami aus walau waktu penggantiannya masih lama. Umumnya, usia kopling sendiri dapat bertahan hingga pemakaian 20 ribu – 50 ribu kilometer. Bahkan, banyak orang menyarankan untuk melakukan servis jika mobil telah melaju sejauh 10 ribu kilometer.

Supaya kondisinya tetap prima hingga usia maksimal, Anda harus tahu cara merawat kopling yang benar. Jika tidak diberikan perhatian serius, bisa-bisa tenaga mobil untuk melaju jadi lemah. Sewaktu-waktu kopling pun bisa slip sehingga menyebabkan mobil jadi mogok. Ayo, perhatikan caranya di bawah ini!

#1: Masalah Umum pada Kopling

Masalah Umum Pada Kopling

Sebelum mengetahui cara merawat kopling, Anda sebaiknya perlu tahu lebih dalam apa saja masalah yang sering melandanya. Hal pertama ialah slip sehingga mobil menjadi kurang tenaga. Hal yang paling parah akibat masalah ini, tenaga dari mesin mobil tidak tersalur hingga bahan bakar menjadi boros.

Masalah kedua yang kerap terjadi pada akibat rusaknya koping ialah tuas gigi tak bisa dipindahkan. Kerusakan yang menyebabkan masalah ini ialah jebol karena pelat kopling dan mesin yang tak dapat terpisah, kabel kopling putus, dan silinder kopling yang bocor.

Sulitnya menggerakkan tuas transmisi pun bisa disebabkan karena kopling yang lengket dengan mesin. Penyebab umum dari lengketnya kedua bagian tersebut adalah karena sistem kopling yang kemasukan lumppur atau air.

#2: Jangan Lakukan Ini Pada Kopling!

Jangan Lakukan Ini Pada Kopling

Cara merawat kopling dapat dimulai dari cara Anda berkendara. Jika ingin merawat kopling hingga dapat digunakan dalam kurun waktu lama, jangan pernah lakukan hal-hal ini saat berkendara:

  • Saat tengah berhenti di jalan menanjak, jangan menahan kopling pada posisi setengah. Lebih baik Anda menggunakan rem tangan untuk menahan posisi mobil. Hal ini dapat membuat pelat dan sistem kopling panas hingga bisa terbakar.
  • Saat tengah berkendara, jangan pernah menaruh kaki di atas pedal kopling. Kadang, orang tidak sadar melakukan hal ini, padahal akibatnya bisa membuat pelat kopling serta release bearing jadi aus. Walau pedal tertekan hanya sedikit, namun hal tersebut berulang terjadi, potensi aus pun semakin cepat terjadi.
  • Jangan terburu-buru saat menginjak serta melepas pedal kopling. Hal ini ternyata berpengaruh pada sentuhan pelat dengan flywheel sehingga kopling cepat aus. Bagian torsion damper pada kopling pun bisa rusak.

#3: Gunakanlah Kopling dengan Benar

Gunakanlah Kopling dengan Benar

Saat Anda berkendara dan akan memindahkan transmisi, injaklah pedal kopling dengan penuh dan sempurna. Setelah itu, barulah pindahkan tuas transmisi yang sesuai. Tahap selanjutnya, lepaskan injakan Anda pada pedal transmisi perlahan dilanjutkan dengan menginjak pedal gas.

Lakukan seluruh proses dengan halus dan tidak terburu-buru. Jika Anda melakukan hal tersebut maka pelat serta flywheel tidak dapat terpisah secara sempurna. Tuas transmisi pun jadi susah untuk dipindahkan.

#4: Cara Merawat Kopling Mobil Manual & Matic

Cara Merawat Kopling

Pada mobil dengan transmisi manual, kopling harus ditekan dan dilepas ketika akan memasukkan gigi. Sementara itu pada mobil matic, kopling berpindah secara otomatis sehingga tidak memiliki wujud fisik. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara perawatan kopling yang berbeda yaitu sebagai berikut:

Mobil Manual

  1. Saat akan melajukan mobil, pastikan bahwa gigi yang dimasukkan ialah yang terendah yaitu gigi 1. Jika Anda memulai dari gigi 2 atau di atasnya, kopling akan bekerja lebih berat sehingga menyebabkan potensi aus.
  2. Usahakan untuk selalu memasukkan gigi netral ketika tengah berhenti di lampu merah atau berhenti di pinggir jalan sebentar.

 Mobil Matic

  1. Gunakan oli transmisi yang berkualitas. Pastikan pula tanki oli transmisi tersebut tidak kurang atau habis.
  2. Ganti oli transmisi secara berkala saat sudah mencapai kilometer 25 ribu hingga 50 ribu.
  3. Gunakan gigi sesuai dengan peruntukannya. Tiap huruf memiliki kegunaan, yaitu D untuk maju, R untuk mundur, N untuk posisi netral, dan P saat mobil dalam keadaan terparkir.

#5: Bila Kopling Bau Terbakar

Kopling Bau Terbakar

Tidak merawat dan memerhatikan kopling, akan membuatnya aus. Jika sudah mentok, kopling sewaktu-waktu bisa mengeluarkan aroma seperti benda yang terbakar. Bila Anda mengalami hal ini ketika tengah berkendara, ada baiknya anda tepikan mobil untuk sementara demi keamanan Anda.

Bau ini berasal dari kamplas kopling yang gosong karena panas bergesekan dengan pressure plate. Dengan menepi sementara, Anda menunggu kampas kopling kembali ke temperatur normal agar bisa berfungsi dengan normal kembali.

5 Tips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

September 16, 2017
By jandika

Kondisi kopling mobil Anda ternyata berpotensi mengalami aus walau waktu penggantiannya masih lama. Umumnya, usia kopling sendiri dapat bertahan hingga pemakaian 20 ribu – 50 ribu kilometer. Bahkan, banyak orang menyarankan untuk melakukan servis jika mobil telah melaju sejauh 10 ribu kilometer.

Supaya kondisinya tetap prima hingga usia maksimal, Anda harus tahu cara merawat kopling yang benar. Jika tidak diberikan perhatian serius, bisa-bisa tenaga mobil untuk melaju jadi lemah. Sewaktu-waktu kopling pun bisa slip sehingga menyebabkan mobil jadi mogok. Ayo, perhatikan caranya di bawah ini!

#1: Masalah Umum pada Kopling

Masalah Umum Pada Kopling

Sebelum mengetahui cara merawat kopling, Anda sebaiknya perlu tahu lebih dalam apa saja masalah yang sering melandanya. Hal pertama ialah slip sehingga mobil menjadi kurang tenaga. Hal yang paling parah akibat masalah ini, tenaga dari mesin mobil tidak tersalur hingga bahan bakar menjadi boros.

Masalah kedua yang kerap terjadi pada akibat rusaknya koping ialah tuas gigi tak bisa dipindahkan. Kerusakan yang menyebabkan masalah ini ialah jebol karena pelat kopling dan mesin yang tak dapat terpisah, kabel kopling putus, dan silinder kopling yang bocor.

Sulitnya menggerakkan tuas transmisi pun bisa disebabkan karena kopling yang lengket dengan mesin. Penyebab umum dari lengketnya kedua bagian tersebut adalah karena sistem kopling yang kemasukan lumppur atau air.

#2: Jangan Lakukan Ini Pada Kopling!

Jangan Lakukan Ini Pada Kopling

Cara merawat kopling dapat dimulai dari cara Anda berkendara. Jika ingin merawat kopling hingga dapat digunakan dalam kurun waktu lama, jangan pernah lakukan hal-hal ini saat berkendara:

  • Saat tengah berhenti di jalan menanjak, jangan menahan kopling pada posisi setengah. Lebih baik Anda menggunakan rem tangan untuk menahan posisi mobil. Hal ini dapat membuat pelat dan sistem kopling panas hingga bisa terbakar.
  • Saat tengah berkendara, jangan pernah menaruh kaki di atas pedal kopling. Kadang, orang tidak sadar melakukan hal ini, padahal akibatnya bisa membuat pelat kopling serta release bearing jadi aus. Walau pedal tertekan hanya sedikit, namun hal tersebut berulang terjadi, potensi aus pun semakin cepat terjadi.
  • Jangan terburu-buru saat menginjak serta melepas pedal kopling. Hal ini ternyata berpengaruh pada sentuhan pelat dengan flywheel sehingga kopling cepat aus. Bagian torsion damper pada kopling pun bisa rusak.

#3: Gunakanlah Kopling dengan Benar

Gunakanlah Kopling dengan Benar

Saat Anda berkendara dan akan memindahkan transmisi, injaklah pedal kopling dengan penuh dan sempurna. Setelah itu, barulah pindahkan tuas transmisi yang sesuai. Tahap selanjutnya, lepaskan injakan Anda pada pedal transmisi perlahan dilanjutkan dengan menginjak pedal gas.

Lakukan seluruh proses dengan halus dan tidak terburu-buru. Jika Anda melakukan hal tersebut maka pelat serta flywheel tidak dapat terpisah secara sempurna. Tuas transmisi pun jadi susah untuk dipindahkan.

#4: Cara Merawat Kopling Mobil Manual & Matic

Cara Merawat Kopling

Pada mobil dengan transmisi manual, kopling harus ditekan dan dilepas ketika akan memasukkan gigi. Sementara itu pada mobil matic, kopling berpindah secara otomatis sehingga tidak memiliki wujud fisik. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara perawatan kopling yang berbeda yaitu sebagai berikut:

Mobil Manual

  1. Saat akan melajukan mobil, pastikan bahwa gigi yang dimasukkan ialah yang terendah yaitu gigi 1. Jika Anda memulai dari gigi 2 atau di atasnya, kopling akan bekerja lebih berat sehingga menyebabkan potensi aus.
  2. Usahakan untuk selalu memasukkan gigi netral ketika tengah berhenti di lampu merah atau berhenti di pinggir jalan sebentar.

 Mobil Matic

  1. Gunakan oli transmisi yang berkualitas. Pastikan pula tanki oli transmisi tersebut tidak kurang atau habis.
  2. Ganti oli transmisi secara berkala saat sudah mencapai kilometer 25 ribu hingga 50 ribu.
  3. Gunakan gigi sesuai dengan peruntukannya. Tiap huruf memiliki kegunaan, yaitu D untuk maju, R untuk mundur, N untuk posisi netral, dan P saat mobil dalam keadaan terparkir.

#5: Bila Kopling Bau Terbakar

Kopling Bau Terbakar

Tidak merawat dan memerhatikan kopling, akan membuatnya aus. Jika sudah mentok, kopling sewaktu-waktu bisa mengeluarkan aroma seperti benda yang terbakar. Bila Anda mengalami hal ini ketika tengah berkendara, ada baiknya anda tepikan mobil untuk sementara demi keamanan Anda.

Bau ini berasal dari kamplas kopling yang gosong karena panas bergesekan dengan pressure plate. Dengan menepi sementara, Anda menunggu kampas kopling kembali ke temperatur normal agar bisa berfungsi dengan normal kembali.

Baca Post Lainnya

7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik
7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik
November 08, 2018
Beli mobil dengan budget Rp50 juta-an, bisa enggak ya? Tentu bisa-bisa saja kok, OtoFriends! Ada banyak pilihan mobil bekas 50 jutaan yang bisa dijadikan pilihan. Asal dipilih dengan tepat, diperiksa secara cermat, maka Anda pun bisa punya mobil seken bekas namun berkualitas. Anda sendiri ingin mobil seperti apa OtoFriends? City car, sedan, atau SUV? Sebelum
Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda
Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda
Oktober 30, 2018
Hingga Oktober 2018, BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Turbo sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. Itu berarti, anggaran bensin untuk mobil kesayangan pun ikut naik juga. Sebelum kantong makin bolong, Anda wajib tahu cara menghemat BBM untuk mobil kesayangan! Menghemat BBM dapat dilakukan dari cara tersimpel seperti memperbaiki cara menyetir. Ada pula
7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik
7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik
November 08, 2018
Beli mobil dengan budget Rp50 juta-an, bisa enggak ya? Tentu bisa-bisa saja kok, OtoFriends! Ada banyak pilihan mobil bekas 50 jutaan yang bisa dijadikan pilihan. Asal dipilih dengan tepat, diperiksa secara cermat, maka Anda pun bisa punya mobil seken bekas namun berkualitas. Anda sendiri ingin mobil seperti apa OtoFriends? City car, sedan, atau SUV? Sebelum
Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda
Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda
Oktober 30, 2018
Hingga Oktober 2018, BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Turbo sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. Itu berarti, anggaran bensin untuk mobil kesayangan pun ikut naik juga. Sebelum kantong makin bolong, Anda wajib tahu cara menghemat BBM untuk mobil kesayangan! Menghemat BBM dapat dilakukan dari cara tersimpel seperti memperbaiki cara menyetir. Ada pula
Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan. Wajib Tahu Sebelum Beli!
Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan. Wajib Tahu Sebelum Beli!
Oktober 17, 2018
Mobil bekas tabrakan yang beredar di pasar kendaraan second mungkin tak bisa dibedakan secara sekilas. Bodi yang tadinya hancur bisa saja diperbaiki dan dipoles lagi. Mesin yang rusak pun sama. Tidak bisa ditutupi, ternyata ciri-ciri mobil bekas tabrakan ini masih nampak jika ditilik dengan teliti. Jenis mobil yang dijual di pasar kendaraan bekas sangatlah beragam,
Beli Mobil Bekas Lelang Lebih Murah! Begini Caranya
Beli Mobil Bekas Lelang Lebih Murah! Begini Caranya
Oktober 08, 2018
Membeli mobil bekas untuk kebutuhan pribadi di balai lelang nampaknya masih cukup jarang dilakukan orang. Showroom mobil ataupun penjual perorangan masih jadi tujuan mereka. Padahal, beli mobil bekas secara lelang bisa lebih menguntungkan dari sisi harga, lho OtoFriends! Dilansir OtoSpector dari situs finansialku.com, sekitar 90% dari pembeli mobil bekas di balai lelang ialah pemilik showroom
Post Terbaru
otospector-Jual-Beli Mobil Bekas Sempat Alami Kelesuan, Simak Faktor-faktornya!
Jual-Beli Mobil Bekas Sempat Alami Kelesuan, Simak Faktor-faktornya!
otospector-Cara Baru Beli Mobil Bekas Di Masa New Normal
Cara Baru Beli Mobil Bekas Di Masa New Normal
otospector-Free Fogging, Jaminan Mobil Bebas Kuman Kerjasama Otospector dan Dokter Mobil
Free Fogging, Jaminan Mobil Bebas Kuman Kerjasama Otospector dan Dokter Mobil
otospector-Agar Jual Mobil Bekas Cepat Laku Di Saat Wabah, Pastikan Dulu Langkah Berikut
Agar Jual Mobil Bekas Cepat Laku Di Saat Wabah, Pastikan Dulu Langkah Berikut
otospector-Meski Di Rumah Saja, Mobil Juga Perlu Dirawat
Meski Di Rumah Saja, Mobil Juga Perlu Dirawat
7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik
7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik
November 08, 2018
Beli mobil dengan budget Rp50 juta-an, bisa enggak ya? Tentu bisa-bisa saja kok, OtoFriends! Ada banyak pilihan mobil bekas 50 jutaan yang bisa dijadikan pilihan. Asal dipilih dengan tepat, diperiksa secara cermat, maka Anda pun bisa punya mobil seken bekas namun berkualitas. Anda sendiri ingin mobil seperti apa OtoFriends? City car, sedan, atau SUV? Sebelum
Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda
Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda
Oktober 30, 2018
Hingga Oktober 2018, BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Turbo sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. Itu berarti, anggaran bensin untuk mobil kesayangan pun ikut naik juga. Sebelum kantong makin bolong, Anda wajib tahu cara menghemat BBM untuk mobil kesayangan! Menghemat BBM dapat dilakukan dari cara tersimpel seperti memperbaiki cara menyetir. Ada pula
Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan. Wajib Tahu Sebelum Beli!
Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan. Wajib Tahu Sebelum Beli!
Oktober 17, 2018
Mobil bekas tabrakan yang beredar di pasar kendaraan second mungkin tak bisa dibedakan secara sekilas. Bodi yang tadinya hancur bisa saja diperbaiki dan dipoles lagi. Mesin yang rusak pun sama. Tidak bisa ditutupi, ternyata ciri-ciri mobil bekas tabrakan ini masih nampak jika ditilik dengan teliti. Jenis mobil yang dijual di pasar kendaraan bekas sangatlah beragam,
Beli Mobil Bekas Lelang Lebih Murah! Begini Caranya
Beli Mobil Bekas Lelang Lebih Murah! Begini Caranya
Oktober 08, 2018
Membeli mobil bekas untuk kebutuhan pribadi di balai lelang nampaknya masih cukup jarang dilakukan orang. Showroom mobil ataupun penjual perorangan masih jadi tujuan mereka. Padahal, beli mobil bekas secara lelang bisa lebih menguntungkan dari sisi harga, lho OtoFriends! Dilansir OtoSpector dari situs finansialku.com, sekitar 90% dari pembeli mobil bekas di balai lelang ialah pemilik showroom
Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?
Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai?
Oktober 01, 2018
Pada tahun 2016 tersiar kabar bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan umur mobil layak pakai di jalanan. Peraturan ini dicanangkan dengan tujuan untuk membatasi populasi mobil. Bila telah melewati batas usia yang ditentukan, maka mobil tersebut harus didaur ulang. Umur Mobil Layak Pakai Aturan mengenai pembatasan usia kendaraan layak pakai di Jakarta telah diatur