otospector-image-Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Maret 22, 2020
By Tjahjo Widiasmoro

Kita semua tentu+ tahu tentang peran busi di dalam proses pembakaran. Karena fungsinya yang begitu vital tersebut, maka busi punya usia pakai. Bahkan pada saat fungsinya terkesan masih optimal sekalipun, busi sudah harus diganti jika memang sudah waktunya.

Nah, mari kita simak beberapa fakta agar lebih mengenal fungsi busi dalam sebuah mesin kendaraan.

#1: Perlu pergantian berkala

Pergantian sebuah busi selalu didasari dua faktor yakni jarak tempuh pemakaian dan tingkat kerusakan. Dua faktor ini saling terkait satu sama lain.

Berbeda dengan pelumas, busi tidak dipengaruhi waktu. Jika mesin didiamkan lama atau tidak bekerja, busi tidak mengalami perubahan. Menurut penelitian, setiap jenis busi menentukan usia pemakaian.

#2: Jenis busi di pasaran

Saat ini terdapat tiga jenis busi yang beredar yakni busi tanpa logam mulia, busi logam mulia tunggal, dan busi logam mulia ganda. Tingkat keausan dari masing-masing jenis berbeda-beda.

Kepala busi yang berada dalam ruang pembakaran dilengkapi dua elektroda, yaitu elektroda pusat dan elektroda ground. Dua ujung busi itu berfungsi menghasilkan percikan listrik untuk memulai proses pembakaran dalam blok silinder. Busi dikatakan aus jika celah antar-elektroda semakin renggang akibat pengikisan.

Baca juga: Bukan Hanya karena Aki, Ini 5 Penyebab Lain Mengapa Mobil Susah Distarter

#3: Bilamana busi diganti?

Pada mobil, celah normal dua elektroda berjarak 0,8-0,9 mm. Bila melebihi batas, maka busi harus diganti. Celah yang lebar membuat lompatan arus jadi sulit. Semakin jauh jaraknya, suplai tegangan listrik yang dibutuhkan lebih besar.

Jika kondisi keausan dibiarkan, maka akan terjadi berbagai kendala. Contoh komponen kelistrikan rusak, idle mesin tak stabil, akselerasi turun, sulit distarter hingga konsumsi bahan bakar meningkat.

#4: Jenis busi dan keausannya

Dalam perhitungan pemakaian per kilometer, busi tanpa logam mulia adalah yang terendah. Sebenarnya busi jenis ini sudah tidak populer lantaran kedua elektrodanya adalah nikel yang tingkat keausannya tinggi. Apalagi mengingat mesin-mesin saat ini umumnya berkompresi tinggi. Pergantiannya setiap 20.000 km.

Pada busi logam mulia tunggal,  elektroda pusatnya menggunakan iridium atau platinum. Busi semacam ini umumnya digunakan untuk keperluan modifikasi dalam rangka mendongkrak performa.

Dalam hal durabilitas, antara busi logam mulia dengan yang standar hasilnya sama. Sedangkan pada busi logam mulia ganda, masa pakainya lebih lama yakni sekitar 100.000 km. Kedua elektroda yang dipakai cukup kuat menahan pengikisan.

Baca juga: Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

Demikian secuplik peran busi dalam proses pembakaran di mesin. Dengan busi yang sesuai dengan peruntukannya, maka performa mesin jadi semakin optimal dan lebih awet.

Simak Dulu Fakta-fakta Tentang Busi

Maret 22, 2020
By Tjahjo Widiasmoro

Kita semua tentu+ tahu tentang peran busi di dalam proses pembakaran. Karena fungsinya yang begitu vital tersebut, maka busi punya usia pakai. Bahkan pada saat fungsinya terkesan masih optimal sekalipun, busi sudah harus diganti jika memang sudah waktunya.

Nah, mari kita simak beberapa fakta agar lebih mengenal fungsi busi dalam sebuah mesin kendaraan.

#1: Perlu pergantian berkala

Pergantian sebuah busi selalu didasari dua faktor yakni jarak tempuh pemakaian dan tingkat kerusakan. Dua faktor ini saling terkait satu sama lain.

Berbeda dengan pelumas, busi tidak dipengaruhi waktu. Jika mesin didiamkan lama atau tidak bekerja, busi tidak mengalami perubahan. Menurut penelitian, setiap jenis busi menentukan usia pemakaian.

#2: Jenis busi di pasaran

Saat ini terdapat tiga jenis busi yang beredar yakni busi tanpa logam mulia, busi logam mulia tunggal, dan busi logam mulia ganda. Tingkat keausan dari masing-masing jenis berbeda-beda.

Kepala busi yang berada dalam ruang pembakaran dilengkapi dua elektroda, yaitu elektroda pusat dan elektroda ground. Dua ujung busi itu berfungsi menghasilkan percikan listrik untuk memulai proses pembakaran dalam blok silinder. Busi dikatakan aus jika celah antar-elektroda semakin renggang akibat pengikisan.

Baca juga: Bukan Hanya karena Aki, Ini 5 Penyebab Lain Mengapa Mobil Susah Distarter

#3: Bilamana busi diganti?

Pada mobil, celah normal dua elektroda berjarak 0,8-0,9 mm. Bila melebihi batas, maka busi harus diganti. Celah yang lebar membuat lompatan arus jadi sulit. Semakin jauh jaraknya, suplai tegangan listrik yang dibutuhkan lebih besar.

Jika kondisi keausan dibiarkan, maka akan terjadi berbagai kendala. Contoh komponen kelistrikan rusak, idle mesin tak stabil, akselerasi turun, sulit distarter hingga konsumsi bahan bakar meningkat.

#4: Jenis busi dan keausannya

Dalam perhitungan pemakaian per kilometer, busi tanpa logam mulia adalah yang terendah. Sebenarnya busi jenis ini sudah tidak populer lantaran kedua elektrodanya adalah nikel yang tingkat keausannya tinggi. Apalagi mengingat mesin-mesin saat ini umumnya berkompresi tinggi. Pergantiannya setiap 20.000 km.

Pada busi logam mulia tunggal,  elektroda pusatnya menggunakan iridium atau platinum. Busi semacam ini umumnya digunakan untuk keperluan modifikasi dalam rangka mendongkrak performa.

Dalam hal durabilitas, antara busi logam mulia dengan yang standar hasilnya sama. Sedangkan pada busi logam mulia ganda, masa pakainya lebih lama yakni sekitar 100.000 km. Kedua elektroda yang dipakai cukup kuat menahan pengikisan.

Baca juga: Mengecek Problem Pada Rem Mobil Bekas? Simaklah 6 Indikasi Ini

Demikian secuplik peran busi dalam proses pembakaran di mesin. Dengan busi yang sesuai dengan peruntukannya, maka performa mesin jadi semakin optimal dan lebih awet.

Baca Post Lainnya

Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya
Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya
Juni 05, 2017
Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas, selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga tidak mengalami penyusutan harga yang signifikan. Akan tetapi, salah satu kekurangan membeli mobil bekas tahun tua adalah tampilan nya yang mungkin sudah ketinggalan zaman. Kali ini Otospector akan membahas beberapa cara menyulap mobil bekas menjadi seperti baru dengan memberikan sentuhan yang
Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli
Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli
Mei 27, 2017
Industri otomotif terus meningkat seiring dengan perkembangan perekonomian Indonesia. Tidak hanya mobil baru saja, mobil bekas juga selalu banyak dicari-cari oleh konsumen. Bahkan beberapa jenis mobil bekas mulai menjadi “langka” karena masih banyak dicari, tetapi sudah makin jarang di pasaran. Apakah mobil incaran Anda salah satunya? Ayo cari tahu, berikut adalah enam mobil bekas langka yang
Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya
Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya
Juni 05, 2017
Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas, selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga tidak mengalami penyusutan harga yang signifikan. Akan tetapi, salah satu kekurangan membeli mobil bekas tahun tua adalah tampilan nya yang mungkin sudah ketinggalan zaman. Kali ini Otospector akan membahas beberapa cara menyulap mobil bekas menjadi seperti baru dengan memberikan sentuhan yang
Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli
Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli
Mei 27, 2017
Industri otomotif terus meningkat seiring dengan perkembangan perekonomian Indonesia. Tidak hanya mobil baru saja, mobil bekas juga selalu banyak dicari-cari oleh konsumen. Bahkan beberapa jenis mobil bekas mulai menjadi “langka” karena masih banyak dicari, tetapi sudah makin jarang di pasaran. Apakah mobil incaran Anda salah satunya? Ayo cari tahu, berikut adalah enam mobil bekas langka yang
5 Trik Tukar Tambah Mobil Bekas Agar Anda Bisa Dapat Untung
5 Trik Tukar Tambah Mobil Bekas Agar Anda Bisa Dapat Untung
Mei 13, 2017
Tukar tambah mobil bekas alias trade in, merupakan salah satu cara yang cukup lumrah dilakukan untuk bisa mendapatkan kendaraan baru. Walau sudah dikenal banyak orang, ternyata cara ini kalah populer dibandingkan pembelian mobil bekas secara langsung. Padahal selain bisa membeli mobil baru dengan lebih murah, opsi ini cukup menguntungkan sebab Anda bisa memangkas waktu dan
Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id
Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id
Mei 10, 2017
Membeli mobil bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Calon pembeli bisa mendapatkan beberapa penjual mobil bekas tapi kadang susah untuk benar-benar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Apalagi, jika pencari mobil bekas adalah orang yang tak paham betul seluk beluk mesin dan mobil. Problem tersebut kini bisa selesai dengan hadirnya perusahaan rintisan (startup) Otospector, yang hadir untuk membantu
Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya
Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya
Juni 05, 2017
Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas, selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga tidak mengalami penyusutan harga yang signifikan. Akan tetapi, salah satu kekurangan membeli mobil bekas tahun tua adalah tampilan nya yang mungkin sudah ketinggalan zaman. Kali ini Otospector akan membahas beberapa cara menyulap mobil bekas menjadi seperti baru dengan memberikan sentuhan yang
Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli
Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli
Mei 27, 2017
Industri otomotif terus meningkat seiring dengan perkembangan perekonomian Indonesia. Tidak hanya mobil baru saja, mobil bekas juga selalu banyak dicari-cari oleh konsumen. Bahkan beberapa jenis mobil bekas mulai menjadi “langka” karena masih banyak dicari, tetapi sudah makin jarang di pasaran. Apakah mobil incaran Anda salah satunya? Ayo cari tahu, berikut adalah enam mobil bekas langka yang
5 Trik Tukar Tambah Mobil Bekas Agar Anda Bisa Dapat Untung
5 Trik Tukar Tambah Mobil Bekas Agar Anda Bisa Dapat Untung
Mei 13, 2017
Tukar tambah mobil bekas alias trade in, merupakan salah satu cara yang cukup lumrah dilakukan untuk bisa mendapatkan kendaraan baru. Walau sudah dikenal banyak orang, ternyata cara ini kalah populer dibandingkan pembelian mobil bekas secara langsung. Padahal selain bisa membeli mobil baru dengan lebih murah, opsi ini cukup menguntungkan sebab Anda bisa memangkas waktu dan
Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id
Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id
Mei 10, 2017
Membeli mobil bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Calon pembeli bisa mendapatkan beberapa penjual mobil bekas tapi kadang susah untuk benar-benar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Apalagi, jika pencari mobil bekas adalah orang yang tak paham betul seluk beluk mesin dan mobil. Problem tersebut kini bisa selesai dengan hadirnya perusahaan rintisan (startup) Otospector, yang hadir untuk membantu
Untung Rugi Membeli Mobil Mewah Bekas
Untung Rugi Membeli Mobil Mewah Bekas
April 26, 2017
Dapat memiliki mobil mewah merupakan impian banyak orang, namun harga mobil di Indonesia yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain, mengakibatkan sulitnya mewujudkan mimpi ini bagi kebanyakan orang. Salah satu alternatif menjadikan impian tersebut jadi kenyataan adalah dengan membeli mobil mewah bekas. Harga jual mobil mewah pada umumnya menurun cukup jauh, sehingga Anda bisa memiliki mobil