otospector-image-Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil
Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil-otospector

Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil

November 07, 2016
By adhie

Diagram Kaki-Kaki Mobil

Kondisi jalan yang sering rusak, seperti tidak rata atau berlubang mengakibatkan kaki-kaki menjadi bagian yang sering bermasalah pada mobil. Sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi kaki-kaki mobil sangat menentukan kenyamanan berkendara mobil tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi kaki-kaki mobil? Perhatikan 6 komponen kaki-kaki mobil berikut dan cara memeriksanya.

#1: Tie Rod dan Long Tie Rod (Rack End)

Tie Rod

Tie Rod adalah komponen yang meneruskan pergerakan setir ke ban mobil. Untuk memeriksa Tie Rod, anda harus mendongkrak mobil terlebih dahulu. Setelah terangkat, pegang ban dan gerakkan ban ke kiri dan kanan, seakan mobil mau berbelok. Jika terdengar bunyi seperti beradu atau gesekan, berarti terdapat masalah pada komponen ini.

#2: Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm pecah

Karet Bushing Arm adalah komponen yang menjaga gerak naik turunnya ban pada as roda. Jika sudah rusak, biasanya menyebabkan bunyi saat melewati jalan yang tidak rata. Cara mengeceknya, belokan setir ke kiri/kanan sampai mentok, kemudian perhatikan komponen berbahan karet melingkar yang berwarna hitam di ujung as roda mobil. Jika terlihat retak dan pecah berarti bermasalah dan sudah layak diganti.

Baca Juga: Kapan Saat yang Tepat Untuk Ganti Ban Mobil Anda

#3: Ball Joint

Ball Joint

Fungsi dari Ball joint adalah mengikat dan menjadi sumbu Lower Arm atau as roda mobil, sehingga dapat mempertahankan posisi as roda pada tempatnya ketika mobil berbelok. Untuk mengecek kondisi Ball Joint, dongkrak mobil, kemudian tekan ban ke atas dan bawah. Pastikan tidak ada bunyi gesekan dan ban tidak naik/turun dengan jeda yang jauh.

#4: Bearing Roda

Bearing Roda

Faktor usia atau kilometer yang tinggi pada mobil sering mengakibatkan bearing roda menjadi aus atau kering. Untuk memeriksa bearing, roda, Anda harus mendongkrak mobil, lalu putar ban searah jarum jam. Jika terasa bergetar atau mengeluarkan sara berderit, maka bearing roda sudah aus.

Bisa juga dicek dengan cara test drive, jika bearing roda aus, maka akan terdengar suara mendengung pada roda, makin kencang laju kendaraan, makin kencang pula bunyi nya.

#5: Shockbreaker

Shockbreaker Bocor

Shockbreaker rembes

Untuk memeriksa shockbreaker masih baik atau tidak, dapat dicek dengan melakukan test drive melewati jalan yang berlubang atau tidak rata. Pastikan guncangan tidak keras dan tidak ada bunyi keras/tidak wajar.

Selain test drive, kondisi shockbreaker juga bisa diperiksa dengan melihat kondisi fisiknya. Temukan shockbreaker yang terletak antara ban dengan fender mobil, perhatikan apakah shockbreaker mengalami rembes atau kebocoron.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

#6: Ban dan Velg

Untuk pemeriksaan velg mobil, perhatikan setir pengemudi apakah bergetar saat berjalan pada kecepatan yang cukup tinggi. Apabila setir bergetar, itu merupakah salah satu indikasi velg sudah tidak rata. Perhatikan juga bentuk fisik dari velg tersebut apakah terdapat gelombang, penyok, atau retak.

Ban Aus

Ban yang sudah aus

Untuk ban, perhatikan kedalaman kembang atau alurnya, pastikan alur masih cukup dalam dan permukaan ban tidak aus. Selain itu, pastikan juga karet ban tidak ada yang retak dan masih elastis. Jika iya, segera ganti ban untuk mencegah ban pecah di jalan yang sangat membahayakan.

Pemeriksaan Kaki-Kaki pada Mobil Bekas

Kaki-kaki merupakan bagian yang rentan rusak pada mobil bekas. Hal ini dikarenakan komponen kaki-kaki selalu bergerak saat mobil digunakan, sehingga sering rusak karena pemakaian.

Dengan tips di atas, kami harap Anda menjadi lebih mengerti mengenai cara memeriksa kaki-kaki mobil. Butuh cara yang lebih aman dan pasti? Gunakan jasa inspeksi Otospector untuk memeriksa mobil bekas pilihan Anda. 150+ Poin Inspeksi kami sudah mencakup pemeriksaan kaki-kaki dan juga test drive.

Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil

November 07, 2016
By adhie

Diagram Kaki-Kaki Mobil

Kondisi jalan yang sering rusak, seperti tidak rata atau berlubang mengakibatkan kaki-kaki menjadi bagian yang sering bermasalah pada mobil. Sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi kaki-kaki mobil sangat menentukan kenyamanan berkendara mobil tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi kaki-kaki mobil? Perhatikan 6 komponen kaki-kaki mobil berikut dan cara memeriksanya.

#1: Tie Rod dan Long Tie Rod (Rack End)

Tie Rod

Tie Rod adalah komponen yang meneruskan pergerakan setir ke ban mobil. Untuk memeriksa Tie Rod, anda harus mendongkrak mobil terlebih dahulu. Setelah terangkat, pegang ban dan gerakkan ban ke kiri dan kanan, seakan mobil mau berbelok. Jika terdengar bunyi seperti beradu atau gesekan, berarti terdapat masalah pada komponen ini.

#2: Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm pecah

Karet Bushing Arm adalah komponen yang menjaga gerak naik turunnya ban pada as roda. Jika sudah rusak, biasanya menyebabkan bunyi saat melewati jalan yang tidak rata. Cara mengeceknya, belokan setir ke kiri/kanan sampai mentok, kemudian perhatikan komponen berbahan karet melingkar yang berwarna hitam di ujung as roda mobil. Jika terlihat retak dan pecah berarti bermasalah dan sudah layak diganti.

Baca Juga: Kapan Saat yang Tepat Untuk Ganti Ban Mobil Anda

#3: Ball Joint

Ball Joint

Fungsi dari Ball joint adalah mengikat dan menjadi sumbu Lower Arm atau as roda mobil, sehingga dapat mempertahankan posisi as roda pada tempatnya ketika mobil berbelok. Untuk mengecek kondisi Ball Joint, dongkrak mobil, kemudian tekan ban ke atas dan bawah. Pastikan tidak ada bunyi gesekan dan ban tidak naik/turun dengan jeda yang jauh.

#4: Bearing Roda

Bearing Roda

Faktor usia atau kilometer yang tinggi pada mobil sering mengakibatkan bearing roda menjadi aus atau kering. Untuk memeriksa bearing, roda, Anda harus mendongkrak mobil, lalu putar ban searah jarum jam. Jika terasa bergetar atau mengeluarkan sara berderit, maka bearing roda sudah aus.

Bisa juga dicek dengan cara test drive, jika bearing roda aus, maka akan terdengar suara mendengung pada roda, makin kencang laju kendaraan, makin kencang pula bunyi nya.

#5: Shockbreaker

Shockbreaker Bocor

Shockbreaker rembes

Untuk memeriksa shockbreaker masih baik atau tidak, dapat dicek dengan melakukan test drive melewati jalan yang berlubang atau tidak rata. Pastikan guncangan tidak keras dan tidak ada bunyi keras/tidak wajar.

Selain test drive, kondisi shockbreaker juga bisa diperiksa dengan melihat kondisi fisiknya. Temukan shockbreaker yang terletak antara ban dengan fender mobil, perhatikan apakah shockbreaker mengalami rembes atau kebocoron.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

#6: Ban dan Velg

Untuk pemeriksaan velg mobil, perhatikan setir pengemudi apakah bergetar saat berjalan pada kecepatan yang cukup tinggi. Apabila setir bergetar, itu merupakah salah satu indikasi velg sudah tidak rata. Perhatikan juga bentuk fisik dari velg tersebut apakah terdapat gelombang, penyok, atau retak.

Ban Aus

Ban yang sudah aus

Untuk ban, perhatikan kedalaman kembang atau alurnya, pastikan alur masih cukup dalam dan permukaan ban tidak aus. Selain itu, pastikan juga karet ban tidak ada yang retak dan masih elastis. Jika iya, segera ganti ban untuk mencegah ban pecah di jalan yang sangat membahayakan.

Pemeriksaan Kaki-Kaki pada Mobil Bekas

Kaki-kaki merupakan bagian yang rentan rusak pada mobil bekas. Hal ini dikarenakan komponen kaki-kaki selalu bergerak saat mobil digunakan, sehingga sering rusak karena pemakaian.

Dengan tips di atas, kami harap Anda menjadi lebih mengerti mengenai cara memeriksa kaki-kaki mobil. Butuh cara yang lebih aman dan pasti? Gunakan jasa inspeksi Otospector untuk memeriksa mobil bekas pilihan Anda. 150+ Poin Inspeksi kami sudah mencakup pemeriksaan kaki-kaki dan juga test drive.

Baca Post Lainnya

Ada Harga On The Road dan Off The Road, Apa Perbedaannya?
Ada Harga On The Road dan Off The Road, Apa Perbedaannya?
Januari 27, 2020
Saat membeli mobil baru, kita sering mendengar istilah harga “on the road”. Umumnya, istlah ini tercantum di iklan mobil. Inilah istilah untuk harga yang sudah bersih, dan kita tidak perlu menambah biaya apapun. Soalnya, ada pula istilah off the road. Dengan pembayaran semacam ini, kita masih harus membayar biaya pengurusan surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK,
Gara-gara APM Bermasalah, Merek-merek Ini Harga Bekasnya Jatuh
Gara-gara APM Bermasalah, Merek-merek Ini Harga Bekasnya Jatuh
Januari 22, 2020
Ada merek yang pada suatu waktu bisa unggul di pasaran, namun merek lainnya terpuruk, bahkan akhirnya menghilang. Begitulah peta persaingan bisnis di industri otomotif nasional yang begitu dinamis. Menariknya, situasi itu rupanya turut mempengaruhi perdagangan mobil bekasnya. Permasalahan yang melanda Agen Pemegang Merek (APM) membuat konsumen jadi berpikir ulang untuk menggunakan produk-produknya. Harga akhirnya ikut
Ada Harga On The Road dan Off The Road, Apa Perbedaannya?
Ada Harga On The Road dan Off The Road, Apa Perbedaannya?
Januari 27, 2020
Saat membeli mobil baru, kita sering mendengar istilah harga “on the road”. Umumnya, istlah ini tercantum di iklan mobil. Inilah istilah untuk harga yang sudah bersih, dan kita tidak perlu menambah biaya apapun. Soalnya, ada pula istilah off the road. Dengan pembayaran semacam ini, kita masih harus membayar biaya pengurusan surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK,
Gara-gara APM Bermasalah, Merek-merek Ini Harga Bekasnya Jatuh
Gara-gara APM Bermasalah, Merek-merek Ini Harga Bekasnya Jatuh
Januari 22, 2020
Ada merek yang pada suatu waktu bisa unggul di pasaran, namun merek lainnya terpuruk, bahkan akhirnya menghilang. Begitulah peta persaingan bisnis di industri otomotif nasional yang begitu dinamis. Menariknya, situasi itu rupanya turut mempengaruhi perdagangan mobil bekasnya. Permasalahan yang melanda Agen Pemegang Merek (APM) membuat konsumen jadi berpikir ulang untuk menggunakan produk-produknya. Harga akhirnya ikut
Tertarik Meminang SUV Usia 10 Tahun? Simak Dulu Perbandingan Harganya
Tertarik Meminang SUV Usia 10 Tahun? Simak Dulu Perbandingan Harganya
Januari 19, 2020
Kata orang, meski sudah tua dan berumur, namun kendaraan jenis SUV tetap memiliki pesonanya sendiri. Penyebabnya, bisa jadi, lantaran SUV punya penggemar fanatik. Meski tetap penting, mereka tidak terlalu pusing soal desain dan tampilan, melainkan performa dan fungsinya. Kendaraan berusia 10 tahun atau produksi tahun 2010 tentu sudah mengalami depresiasi harga yang cukup besar. Namun
Sedang Mengincar Mobil Eropa Bekas? Cek Dulu Fakta-faktanya!
Sedang Mengincar Mobil Eropa Bekas? Cek Dulu Fakta-faktanya!
Januari 13, 2020
Selera orang memang bisa berbeda-beda, termasuk dalam hal mobil. Karena itu, konsumen mobil bekas di Indonesia tidak melulu mengincar mobil bekas asal Jepang yang mendominasi pasaran. Mobil-mobil eropa yang bekas, juga punya penggemarnya sendiri. Harus diakui, peminat mobil eropa bekas cukup terbatas. Mereka umumnya adalah konsumen yang sudah mengenal baik produk yang diminati. Namun bagi
Ada Harga On The Road dan Off The Road, Apa Perbedaannya?
Ada Harga On The Road dan Off The Road, Apa Perbedaannya?
Januari 27, 2020
Saat membeli mobil baru, kita sering mendengar istilah harga “on the road”. Umumnya, istlah ini tercantum di iklan mobil. Inilah istilah untuk harga yang sudah bersih, dan kita tidak perlu menambah biaya apapun. Soalnya, ada pula istilah off the road. Dengan pembayaran semacam ini, kita masih harus membayar biaya pengurusan surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK,
Gara-gara APM Bermasalah, Merek-merek Ini Harga Bekasnya Jatuh
Gara-gara APM Bermasalah, Merek-merek Ini Harga Bekasnya Jatuh
Januari 22, 2020
Ada merek yang pada suatu waktu bisa unggul di pasaran, namun merek lainnya terpuruk, bahkan akhirnya menghilang. Begitulah peta persaingan bisnis di industri otomotif nasional yang begitu dinamis. Menariknya, situasi itu rupanya turut mempengaruhi perdagangan mobil bekasnya. Permasalahan yang melanda Agen Pemegang Merek (APM) membuat konsumen jadi berpikir ulang untuk menggunakan produk-produknya. Harga akhirnya ikut
Tertarik Meminang SUV Usia 10 Tahun? Simak Dulu Perbandingan Harganya
Tertarik Meminang SUV Usia 10 Tahun? Simak Dulu Perbandingan Harganya
Januari 19, 2020
Kata orang, meski sudah tua dan berumur, namun kendaraan jenis SUV tetap memiliki pesonanya sendiri. Penyebabnya, bisa jadi, lantaran SUV punya penggemar fanatik. Meski tetap penting, mereka tidak terlalu pusing soal desain dan tampilan, melainkan performa dan fungsinya. Kendaraan berusia 10 tahun atau produksi tahun 2010 tentu sudah mengalami depresiasi harga yang cukup besar. Namun
Sedang Mengincar Mobil Eropa Bekas? Cek Dulu Fakta-faktanya!
Sedang Mengincar Mobil Eropa Bekas? Cek Dulu Fakta-faktanya!
Januari 13, 2020
Selera orang memang bisa berbeda-beda, termasuk dalam hal mobil. Karena itu, konsumen mobil bekas di Indonesia tidak melulu mengincar mobil bekas asal Jepang yang mendominasi pasaran. Mobil-mobil eropa yang bekas, juga punya penggemarnya sendiri. Harus diakui, peminat mobil eropa bekas cukup terbatas. Mereka umumnya adalah konsumen yang sudah mengenal baik produk yang diminati. Namun bagi
Ini Dia Rekomendasi Sedan Di Bawah Rp100 Juta. Masih Oke Buat Gaul!
Ini Dia Rekomendasi Sedan Di Bawah Rp100 Juta. Masih Oke Buat Gaul!
Januari 12, 2020
Soal usia memang sudah tidak muda lagi. Rata-rata sudah mendekati 20 tahunan atau tepatnya mobil-mobil produksi awal tahun 2000-an. Tapi soal “tongkrongan”, dijamin tidak kalah dengan mobil-mobil zaman sekarang. Pada masanya, sedan-sedan ini termasuk produk-produk yang terbaik dan diminati. Sebab, dari sisi desain terlihat begitu menawan. Sedangkan dari performa tidak mengecewakan. Namun sebenarnya yang lebih