otospector-image-Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id
Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id-otospector

Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id

Mei 10, 2017
By jandika

Inspeksi Mobil

Membeli mobil bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Calon pembeli bisa mendapatkan beberapa penjual mobil bekas tapi kadang susah untuk benar-benar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Apalagi, jika pencari mobil bekas adalah orang yang tak paham betul seluk beluk mesin dan mobil.

Problem tersebut kini bisa selesai dengan hadirnya perusahaan rintisan (startup) Otospector, yang hadir untuk membantu memberikan solusi mudah dan nyaman pencarian mobil bekas yang berkualitas.

Otospector hadir dengan memberikan jasa pengecekan mobil bekas yang ditaksir calon pembeli. Otospector merupakan jasa pengecekan mobil bekas independen dan profesional pertama di Indonesia. Otospector merupakan startup binaan inkubator asal Silicon Valley, Plug and Play Indonesia.

“Kami menyediakan pengecekan mobil ke lokasi penjual dan memberikan laporan pengecekan langsung ke peminat,” ujar Direktur Otospector, Jeffrey Andika kepada VIVA.co.id, di Setiabudi One 2, Kuningan, Jakarta.

Jeffrey menjelaskan, layanan yang diberikan startup-nya itu mengusung kemudahan dan fleksibilitas. Dari sisi peminat mobil bekas, mereka cukup menunjukkan alamat lengkap mobil bekas yang ditaksir, kepada Otospector. Nantinya tim mekanik handal Otospector akan meluncur ke lokasi dan mengecek mobil bekas yang ditaksir.

“Calon pembeli boleh ikut kami ke lokasi atau enggak ikut juga tak apa. Tak perlu repot,” jelasnya.

Tim mekanik Otospector atau inspektor, ujar Jeffrey, bakal mengecek semua kondisi mobil, termasuk interior, eksterior, mesin dan suspensi mobil bekas. Kemudian inspektor akan melaporkan kepada peminat mobil bekas tentang kondisi mobil usai pengecekan. Inspektor tersedia sepekan, enam hari, yakni Senin sampai Sabtu.

Untuk interior, inspektor akan mengecek dan memberi nilai pada bagian dashboard, instrumen, jok, trim, karpet. Bagian eksterior, inspektor mengecek bodi, kaca, lampu, ban, sampai kolong.

Sedangkan untuk bagian mesin, inspektor akan mengecek oli atau cairan, ruang mesin sampai test drive. 

Jeffrey menjelaskan, ada dua laporan detail yang disampaikan ke peminat mobil bekas. pertama laporan umum dari lokasi pengecekan mobil, dan laporan detail yang dikirim ke email pencari mobil bekas.

Dia membeberkan, dalam laporan detail, Otospector akan memberikan penilaian ketiga sisi mobil bekas itu dengan nilai dari A untuk kategori sangat baik sampai kategori E sebagai nilai buruk.

Inspektor juga akan memberikan catatan pada hasil pengecekan tiga sisi tersebut. Misalnya mesin tersendat, kampas rem depan aus dan sebagainya. Hal-hal rinci juga akan diberikan oleh inspektor.

“Misalnya, apakah pernah bekas tabrakan enggak, pernah kena banjir enggak. Kelengkapan suratnya bagaimana,” ujar dia.

Ikon banjir dan tabrakan tak akan muncul dalam laporan jika tidak pernah terkena dua hal tersebut.

Selain itu, inspektor akan memberikan laporan dokumen mobil bekas, apakah bermasalah atau tidak. Sisi aksesori mobil juga dilaporkan, bermasalah atau tidak. Hal detail lain, misalnya kondisi ban kiri dan kanan bagian depan belakang akan dicek.

Menariknya, semua laporan itu disertai dengan foto kondisi masing-masing bagian mobil.

“Kami fokus cek kondisi mobil bekasnya, dan membantu memastikan mobil yang ditaksir dalam kondisi yang sesuai harganya dan harapan sang peminat,” jelas dia.

Jeffrey mengatakan, untuk biaya jasa pengecekan layanan ini dibagi tiga segmen. Pertama, pengecekan mobil bekas biasa biaya sekali pengecekan Rp380 ribu, pengecekan mobil bekas premium Rp460 ribu dan pengecekan mobil tua atau klasik yang usianya lebih dari 20 tahun dikenai biaya Rp490 ribu.

Dia mengatakan sejak setahun menghadirkan layanannya, Otospector total telah mengecek mobil bekas sampai 500-an kali. Sedangkan saat ini rata-rata pengecekan dalam sebulan mencapai 50 sampai 55 pengecekan mobil.

Layanan Otospector ini sejauh ini, klaim Jeffrey, sudah memuaskan pengguna layanan. Sebab selama ini, pelanggan tidak mengeluhkan hasil pengecekan tim inspektor.

Dari sisi pengecekan yang berujung transaksi pembelian, dia mengatakan persentasenya 70 persen berbanding 30 persen, artinya 70 persen pengecekan berujung pada transaksi dan 30 persen pengecekan batal transaksi dengan berbagai alasan.

Ke depan, Jeffrey menginginkan, Otospector bisa ekspansi layanan ke berbagai kota di Indonesia. Selama ini mereka fokus menyediakan layanan di Jabodetabek saja.

Dia juga berharap hadirnya layanan jasa pengecekan ini bisa menjadi pintu pembuka untuk pengaturan dan pengawasan bisnis jual beli mobil bekas. Sebab, menurut pengalamannya, bisnis ini terlalu bebas, tanpa aturan, serta tidak ada jaminan perlindungan kualitas mobil bekas yang dibeli oleh konsumen.

“Saya harapkan ada badan independen yang bisa memastikan yang dijual mobil bekasnya itu bukan mobil jelek, dan konsumen jangan sampai tertipu,” kata dia.

Artikel ini diambil dari viva.co.id yang dimuat pada tanggal 9 Mei 2017, dengan judul “Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas,” oleh Amal Nur Ngazis.

Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas, Ulasan dari Viva.co.id

Mei 10, 2017
By jandika

Inspeksi Mobil

Membeli mobil bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Calon pembeli bisa mendapatkan beberapa penjual mobil bekas tapi kadang susah untuk benar-benar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Apalagi, jika pencari mobil bekas adalah orang yang tak paham betul seluk beluk mesin dan mobil.

Problem tersebut kini bisa selesai dengan hadirnya perusahaan rintisan (startup) Otospector, yang hadir untuk membantu memberikan solusi mudah dan nyaman pencarian mobil bekas yang berkualitas.

Otospector hadir dengan memberikan jasa pengecekan mobil bekas yang ditaksir calon pembeli. Otospector merupakan jasa pengecekan mobil bekas independen dan profesional pertama di Indonesia. Otospector merupakan startup binaan inkubator asal Silicon Valley, Plug and Play Indonesia.

“Kami menyediakan pengecekan mobil ke lokasi penjual dan memberikan laporan pengecekan langsung ke peminat,” ujar Direktur Otospector, Jeffrey Andika kepada VIVA.co.id, di Setiabudi One 2, Kuningan, Jakarta.

Jeffrey menjelaskan, layanan yang diberikan startup-nya itu mengusung kemudahan dan fleksibilitas. Dari sisi peminat mobil bekas, mereka cukup menunjukkan alamat lengkap mobil bekas yang ditaksir, kepada Otospector. Nantinya tim mekanik handal Otospector akan meluncur ke lokasi dan mengecek mobil bekas yang ditaksir.

“Calon pembeli boleh ikut kami ke lokasi atau enggak ikut juga tak apa. Tak perlu repot,” jelasnya.

Tim mekanik Otospector atau inspektor, ujar Jeffrey, bakal mengecek semua kondisi mobil, termasuk interior, eksterior, mesin dan suspensi mobil bekas. Kemudian inspektor akan melaporkan kepada peminat mobil bekas tentang kondisi mobil usai pengecekan. Inspektor tersedia sepekan, enam hari, yakni Senin sampai Sabtu.

Untuk interior, inspektor akan mengecek dan memberi nilai pada bagian dashboard, instrumen, jok, trim, karpet. Bagian eksterior, inspektor mengecek bodi, kaca, lampu, ban, sampai kolong.

Sedangkan untuk bagian mesin, inspektor akan mengecek oli atau cairan, ruang mesin sampai test drive. 

Jeffrey menjelaskan, ada dua laporan detail yang disampaikan ke peminat mobil bekas. pertama laporan umum dari lokasi pengecekan mobil, dan laporan detail yang dikirim ke email pencari mobil bekas.

Dia membeberkan, dalam laporan detail, Otospector akan memberikan penilaian ketiga sisi mobil bekas itu dengan nilai dari A untuk kategori sangat baik sampai kategori E sebagai nilai buruk.

Inspektor juga akan memberikan catatan pada hasil pengecekan tiga sisi tersebut. Misalnya mesin tersendat, kampas rem depan aus dan sebagainya. Hal-hal rinci juga akan diberikan oleh inspektor.

“Misalnya, apakah pernah bekas tabrakan enggak, pernah kena banjir enggak. Kelengkapan suratnya bagaimana,” ujar dia.

Ikon banjir dan tabrakan tak akan muncul dalam laporan jika tidak pernah terkena dua hal tersebut.

Selain itu, inspektor akan memberikan laporan dokumen mobil bekas, apakah bermasalah atau tidak. Sisi aksesori mobil juga dilaporkan, bermasalah atau tidak. Hal detail lain, misalnya kondisi ban kiri dan kanan bagian depan belakang akan dicek.

Menariknya, semua laporan itu disertai dengan foto kondisi masing-masing bagian mobil.

“Kami fokus cek kondisi mobil bekasnya, dan membantu memastikan mobil yang ditaksir dalam kondisi yang sesuai harganya dan harapan sang peminat,” jelas dia.

Jeffrey mengatakan, untuk biaya jasa pengecekan layanan ini dibagi tiga segmen. Pertama, pengecekan mobil bekas biasa biaya sekali pengecekan Rp380 ribu, pengecekan mobil bekas premium Rp460 ribu dan pengecekan mobil tua atau klasik yang usianya lebih dari 20 tahun dikenai biaya Rp490 ribu.

Dia mengatakan sejak setahun menghadirkan layanannya, Otospector total telah mengecek mobil bekas sampai 500-an kali. Sedangkan saat ini rata-rata pengecekan dalam sebulan mencapai 50 sampai 55 pengecekan mobil.

Layanan Otospector ini sejauh ini, klaim Jeffrey, sudah memuaskan pengguna layanan. Sebab selama ini, pelanggan tidak mengeluhkan hasil pengecekan tim inspektor.

Dari sisi pengecekan yang berujung transaksi pembelian, dia mengatakan persentasenya 70 persen berbanding 30 persen, artinya 70 persen pengecekan berujung pada transaksi dan 30 persen pengecekan batal transaksi dengan berbagai alasan.

Ke depan, Jeffrey menginginkan, Otospector bisa ekspansi layanan ke berbagai kota di Indonesia. Selama ini mereka fokus menyediakan layanan di Jabodetabek saja.

Dia juga berharap hadirnya layanan jasa pengecekan ini bisa menjadi pintu pembuka untuk pengaturan dan pengawasan bisnis jual beli mobil bekas. Sebab, menurut pengalamannya, bisnis ini terlalu bebas, tanpa aturan, serta tidak ada jaminan perlindungan kualitas mobil bekas yang dibeli oleh konsumen.

“Saya harapkan ada badan independen yang bisa memastikan yang dijual mobil bekasnya itu bukan mobil jelek, dan konsumen jangan sampai tertipu,” kata dia.

Artikel ini diambil dari viva.co.id yang dimuat pada tanggal 9 Mei 2017, dengan judul “Otospector, Cara Mudah Cari Mobil Bekas Berkualitas,” oleh Amal Nur Ngazis.

Baca Post Lainnya

Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Februari 17, 2020
Dibandingkan mobil jenis lain, mobil jenis sedan memang paling sedikit peminatnya di Indonesia. Padahal, di masa lalu, sedan pernah menjadi jenis mobil yang diminati konsumen. Bahkan, setiap merek mengeluarkan tipe-tipe sedan terbaiknya yang kemudian menjadi legenda pada masanya. Saat ini, mayoritas konsumen otomotif merasa cukup puas dengan mobil jenis MPV atau SUV. Jika berukuran kecil,
Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil
Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil
Februari 13, 2020
Banyak orang bisa membeli mobil baru, tapi tidak semua orang mampu merawatnya. Buktinya, selalu ada saja mobil-mobil yang masuk kategori mewah, namun cat bodinya terlihat kusam, karena kurang perawatan. Merawat cat mobil memang butuh biaya. Jumlah biaya ini akan semakin tinggi jika pemilik menginginkan kondisi cat selalu terlihat kinclong. Namun sebenarnya tak semua perawatan harus
Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Februari 17, 2020
Dibandingkan mobil jenis lain, mobil jenis sedan memang paling sedikit peminatnya di Indonesia. Padahal, di masa lalu, sedan pernah menjadi jenis mobil yang diminati konsumen. Bahkan, setiap merek mengeluarkan tipe-tipe sedan terbaiknya yang kemudian menjadi legenda pada masanya. Saat ini, mayoritas konsumen otomotif merasa cukup puas dengan mobil jenis MPV atau SUV. Jika berukuran kecil,
Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil
Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil
Februari 13, 2020
Banyak orang bisa membeli mobil baru, tapi tidak semua orang mampu merawatnya. Buktinya, selalu ada saja mobil-mobil yang masuk kategori mewah, namun cat bodinya terlihat kusam, karena kurang perawatan. Merawat cat mobil memang butuh biaya. Jumlah biaya ini akan semakin tinggi jika pemilik menginginkan kondisi cat selalu terlihat kinclong. Namun sebenarnya tak semua perawatan harus
Mudah dan Murah, Ini Langkah-langkah Perawatan Mobil Sendiri di Rumah
Mudah dan Murah, Ini Langkah-langkah Perawatan Mobil Sendiri di Rumah
Februari 11, 2020
Tidak selamanya mobil harus masuk ke bengkel jika hanya sekadar untuk perawatan ringan. Pada perawatan-perawatan sederhana, bolehlah pemilik melakukannya sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, perawatan sendiri di rumah juga akan membuat pemilik jadi makin mengenal kendaraannya sendiri. Jika sudah terbiasa, maka andai suatu saat ada persoalan pada kendaraan di jalanan, pemilik jadi tidak
Mungkinkah Sistem Pembelian Online Diterapkan Di Showroom Mobil Bekas? Cek Dulu Faktanya
Mungkinkah Sistem Pembelian Online Diterapkan Di Showroom Mobil Bekas? Cek Dulu Faktanya
Februari 04, 2020
Di zaman digital seperti saat ini, penjualan barang secara online, merambah ke sagala bidang. Tak terkecuali dalam penjualan mobil baru. Pembeli cukup melihat modelnya di website, memilih dengan memencet klik, lalu mengurus administrasi. Setelah semua selesai, pembeli tinggal menunggu mobilnya dikirim ke rumah. Sekilas, urusannya memang terkesan mudah. Beli mobil, seperti membeli barang berharga murah.
Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Februari 17, 2020
Dibandingkan mobil jenis lain, mobil jenis sedan memang paling sedikit peminatnya di Indonesia. Padahal, di masa lalu, sedan pernah menjadi jenis mobil yang diminati konsumen. Bahkan, setiap merek mengeluarkan tipe-tipe sedan terbaiknya yang kemudian menjadi legenda pada masanya. Saat ini, mayoritas konsumen otomotif merasa cukup puas dengan mobil jenis MPV atau SUV. Jika berukuran kecil,
Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil
Beberapa Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil
Februari 13, 2020
Banyak orang bisa membeli mobil baru, tapi tidak semua orang mampu merawatnya. Buktinya, selalu ada saja mobil-mobil yang masuk kategori mewah, namun cat bodinya terlihat kusam, karena kurang perawatan. Merawat cat mobil memang butuh biaya. Jumlah biaya ini akan semakin tinggi jika pemilik menginginkan kondisi cat selalu terlihat kinclong. Namun sebenarnya tak semua perawatan harus
Mudah dan Murah, Ini Langkah-langkah Perawatan Mobil Sendiri di Rumah
Mudah dan Murah, Ini Langkah-langkah Perawatan Mobil Sendiri di Rumah
Februari 11, 2020
Tidak selamanya mobil harus masuk ke bengkel jika hanya sekadar untuk perawatan ringan. Pada perawatan-perawatan sederhana, bolehlah pemilik melakukannya sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, perawatan sendiri di rumah juga akan membuat pemilik jadi makin mengenal kendaraannya sendiri. Jika sudah terbiasa, maka andai suatu saat ada persoalan pada kendaraan di jalanan, pemilik jadi tidak
Mungkinkah Sistem Pembelian Online Diterapkan Di Showroom Mobil Bekas? Cek Dulu Faktanya
Mungkinkah Sistem Pembelian Online Diterapkan Di Showroom Mobil Bekas? Cek Dulu Faktanya
Februari 04, 2020
Di zaman digital seperti saat ini, penjualan barang secara online, merambah ke sagala bidang. Tak terkecuali dalam penjualan mobil baru. Pembeli cukup melihat modelnya di website, memilih dengan memencet klik, lalu mengurus administrasi. Setelah semua selesai, pembeli tinggal menunggu mobilnya dikirim ke rumah. Sekilas, urusannya memang terkesan mudah. Beli mobil, seperti membeli barang berharga murah.
Ini Dia Mobil Eropa Paling Laris di Indonesia
Ini Dia Mobil Eropa Paling Laris di Indonesia
Januari 29, 2020
Pasar mobil penumpang di Indonesia memang masih didominasi oleh merek-merek asal Jepang, serta beberapa negara Asia lain. Namun meski demikian, bukan berarti mobil-mobil Eropa tidak bisa unjuk gigi. Brand-brand Eropa tetap punya penggemar fanatik, tak terkecuali mobil-mobil bekas pakainya. Harus diakui, dibandingkan mobil-mobil produksi negara lain, mobil Eropa memang unggul dalam kualitas. Tak heran jika