Mau Kredit Mobil Bekas? Ketahui Hal Ini Terlebih Dulu!

September 12, 2018
By jandika
Mau Kredit Mobil Bekas? Ketahui Hal Ini Terlebih Dulu!-otospector

Fasilitas kredit bukan hanya dapat digunakan untuk membeli mobil baru saja loh OtoFriends. Mobil bekas yang harganya jauh lebih murah pun bisa Anda beli dengan pilihan pembayaran tersebut. Kini, banyak orang yang melirik opsi kredit mobil bekas agar bisa punya kendaraan lebih cepat dan juga terjangkau.

Sistem kredit mobil bekas tak berbeda dengan fasilitas cicilan lainnya. Simpelnya, Anda dapat memilih mobil bekas idaman, mencari lembaga keuangan pemberi kredit, membayar uang muka, lalu melakukan cicilan hingga lunas. Hmmh.. terdengar rumit mungkin. Kalau begitu, mari bahas lebih dalam yuk!

Keuntungan Kredit Mobil Bekas

Kredit Mobil Bekas

Di samping rumah, mobil adalah kebutuhan yang tak bisa ditunda lagi bagi sebagian orang. Mereka yang telah berkeluarga apalagi, pasti sangat membutuhkan kendaraan roda empat pribadi. Supaya bisa berhemat, banyak orang yang memilih untuk membeli mobil bekas.

Supaya biaya yang dikeluarkan tidak begitu memberatkan, kredit mobil bekas pun dijadikan pilihan. Hal inilah yang menjadi nilai plus dari mencicil mobil bekas. Anda yang berniat untuk mencicil mobil bekas pun semakin dimudahkan karena kini banyak sekali lembaga kredit yang dapat dijadikan pilihan.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Tunai atau Kredit. Lebih Untung Mana?

Lembaga Pemberi Kredit Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas

OtoFriends, nama-nama seperti Adira Finance dan Astra Auto Finance mungkin sudah tak asing lagi di telingan Anda. Ya, keduanya merupakan segelintir dari lembaga penyedia kredit kendaraan bermotor. Di sisi lain, ternyata banyak juga bank yang memberikan fasilitas serupa.

Sebelum melabuhkan pilihan pada lembaga pemberi kredit, pilihlah lembaga non bank maupun bank yang benar-benar sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih antara lain:

  • Jumlah DP yang yang dibebankan;
  • Cicilan per bulan plus bunga;
  • Tenor atau lama cicilan berlangsung (umumnya 3 hingga 5 tahun);
  • Ketersediaan asuransi untuk mobil bekas yang dikreditkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan simulasi kredit untuk mendapatkan gambaran mengenai lembaga pilihan. Biasanya lembaga kredit non bank maupun bank punya fitur ini di situs atau aplikasi smartphone mereka.

Syarat dan Kelengkapan Dokumen untuk Mengajukan Pinjaman

Kredit Mobil Bekas

Dilansir OtoSpector dari situs cermati.com, secara umum ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi agar bisa mengajukan pinjaman kredit mobil bekas. Syarat tersebut antara lain ialah:

  • Berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di daerah Indonesia;
  • Sudah bekerja serta memiliki penghasilan tetap per bulan;
  • Telah berusia 21 tahun saat mengajukan pinjaman; dan
  • Berusia maksimal 55 tahun ketika tenor cicilan berakhir.

Bila Anda telah memenuhui seluruh syarat di atas, maka persiapkanlah beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit mobil bekas. Seperti ini detailnya:

  • Fotokopi KTP;
  • NPWP;
  • Slip gaji/SPT;
  • Fotokoi surat izin profesi bagi pekerja profesional;
  • Fotokopi SIUP/akta pendirian bagi wirasusahawan; dan
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.

Baca Juga: Biaya Tambahan yang Harus Dipersiapkan Saat Membeli Mobil Bekas

Setelah memilih mobil bekas di showroom maupun perorangan, memilih lembaga pemberi kredit, mengajukan permohonan, dan disetujui untuk menerima kredit, mobil pun bisa Anda gunakan. Jangan lupa, sebelum transaksi jual beli, lakukan pengecekan kondisi mobil bekas dulu ya OtoFriends, agar tidak salah pilih mobil yang nantinya malah bikin pusing.

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan OtoFriends mengenai kredit mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak Nih, Harga Mobil Wuling Bekas Per Januari 2024

Januari 28, 2024
Memasuki tahun keenam kehadirannya di Indonesia, PT SGMW Motors Indonesia selalu APM Wuling semakin kokoh dalam memikat konsumen Indonesia untuk membeli mobil produk-produk asal Tiongkok itu. Tentu hal ini sebuah prestasi yang bukan main-main, mengingat selama ini konsumen Indonesia sudah telanjur akrab dengan merek-merek asal Negeri Matahari Terbit. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari
Baca lebih lanjut

Start 198juta, Update Harga Innova Reborn Bekas 2024

Januari 27, 2024
Meski bisa dibilang masih sangat stabil, namun di pasaran mobil bekas, harga mobil Innova Reborn bekas saat ini semakin terjangkau. Multi Purpose Vehicle (MPV) medium atau mobil keluarga yang semasa Kijang pernah dijuluki sebagai mobil sejuta umat ini, bahkan sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp200 jutaan. Buat yang mencari mobil keluarga, memang Innova
Baca lebih lanjut

Tips Berkendara Ketika Hujan

Januari 26, 2024
Bagi Otofriends yang sering membawa mobil sendiri, wajib memahami tips berkendara ketika hujan di bawah ini. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini di mana hujan turun sangat deras hingga mengakibatkan genangan, bahkan banjir di mana-mana. Berkendara di saat hujan tentu berbeda dengan saat hari cerah. Sangat dibutuhkan kehati-hatian karena kondisi pandangan yang terbatas,
Baca lebih lanjut