Cara Mengecek Indikasi Mobil Terawat dari Kondisi Cat

November 25, 2019
By Thomas W
Cara Mengecek Indikasi Mobil Terawat dari Kondisi Cat-otospector

Jika memang sudah terbiasa berhubungan dengan mobil bekas, tentu Anda tahu, mobil bekas dengan cat orisinil akan memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibanding mobil yang sudah dicat ulang. Apalagi kalau catnya terlihat terawat rapi, meski usia kendaraan sudah cukup tua.

Sayangnya, orang awam kadang masih sulit membedakan mana cat yang masih asli dan mana yang sudah dicat ulang. Sulit, namun bukan berarti tidak bisa. Asalkan tahu, cara-caranya berikut ini bisa dipraktikkan siapapun:

#1: Meraba bagian atas bumper

Bumper mobil

Bagi orang yang sudah terbiasa, tentu dapat membedakan apakah permukaannya kasar atau tidak. Lihat catnya belepotan atau tidak. Walau terlihat bersih, tapi di pinggirnya pasti kasar, karena bagian tersebut susah diampelas.

#2: Melihat gradasi warna bodi

Suzuki Splash

Secara kasatmata kita bisa melihat gradasi cat dari bodi luar. Dari situ akan terlihat keaslian cat, karena mobil-mobil sekarang pada umumnya menggunakan material fiber, seperti misalnya di bumper. Bagian tersebut mempunyai serapan cat yang berbeda dibandingkan dengan logam. Tentu saja, tindakan ini harus dilakukan di tempat yang cukup cahaya.

Baca juga: Mobil Bekas Juga Harus Dicek Kelistrikannya. Inilah 5 Komponen Yang Wajib Ditengok.

#3: Cat di atas side skirt

Sideskirt mobil

Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya.

#4: Dari sisi kaca pintu

Kaca pitu belakang

Di dekat karet-karet, tepatnya pada bagian pinggir, ada titik-titik yang bisa kita lihat apakah cat itu orisinil atau tidak.

Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya.

#5: Diuji menggunakan alat penguji ketebalan cat

Alat pengukur ketebalan cat

Alat pengecek ketebalan cat (coating thckness gauge) berfungsi untuk mengukur ketebalan cat di permukaan suatu material atau benda yang akan dicat. Cukup ditempelkan saja di permukaan benda yang dicat, kita bisa tahu apakah ada lapisan cat yang lebih tebal dari biasanya. Jika ada pelapisan, itu artinya, mobil pernah dicat ulang.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Bertransmisi Automatic? Simak Dulu 5 Fakta Ini

Mobil yang masih memiliki cat orisinil, sedari baru, tentu akan lebih dihargai ketimbang mobil yang sudah dicat ulang. Cat yang masih asli, juga bisa menandakan pemilik sebelumnya cukup rajin dalam perawatan mobil. Hal itu bisa diartikan, bagian-bagian lain juga ikut dirawat.

Melakukan pengecekan cat mungkin tidak mudah, terutama bagi Anda yang tidak biasa. Jika memang Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya, silakan gunakan jasa inspeksi kendaraan yang profesional dan independen untuk membantu Anda.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mobil Listrik Baru di IIMS 2024

Februari 21, 2024
Kehadiran berbagai mobil listrik baru di IIMS 2024 ternyata sanggup mengundang decak kagum para pengunjung. Bagaimana tidak, jika produk-produk mobil listrik yang sudah atau akan dipasarkan, semakin beragam dan menawarkan berbagai teknologi terbaru. Mobil-mobil listrik ini juga dipastikan bakal menyemarakkan pasar otomotif dalam negeri. Apalagi dengan dukungan pemerintah yang begitu serius dalam upaya mengurangi emisi
Baca Lebih Lanjut

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca Lebih Lanjut