Pahami 5 Penyebab Mesin Mobil Jadi Panas atau Overheat

September 10, 2017
By jandika
Pahami 5 Penyebab Mesin Mobil Jadi Panas atau Overheat-otospector

Seringkali terdengar berita mengenai mobil yang mendadak terbakar ketika tengah melaju di jalan. Tahukah Anda, salah satu penyebab hal tersebut ialah kondisi mesin mobil panas atau overheat. Naiknya suhu mesin ini sendiri ditimbulkan oleh beberapa faktor. Ayo ketahui sekarang dan cegah bahayanya!

#1: Kerusakan pada Radiator

Mesin Overheat - Radiator

Radiator memiliki fungsi yang sangat vital dalam mengelola suhu mesin mobil Anda. Apabila bagian ini terkena masalah, maka sistem pendinginan akan kacau sehingga menyebabkan mesin mobil panas. Jika tidak segera ditangani, ini akan sangat bahaya!

Umumnya, masalah yang sering muncul pada radiator adalah saluran yang tersumbat oleh kotoran. Hal kedua ialah terjadinya kebocoran atau sobek pada selang radiator. Kedua hal ini dapat menghambat cairan pendingin terdistribusi dengan baik sehingga membuat mesin jadi panas.

Selanjutnya, ialah kurangnya cairan pada tangki radiator. Biasanya, semakin tua usia mobil, makin sering air tersebut harus diisi. Akan lebih baik jika Anda mengisinya dengan coolant radiator khusus untuk menjaga kandungan mineral tetap minim di dalam mesin.

Normalnya, penggantian air radiator dilakukan tiap per 20 ribu kilometer. Jangan lupa pula untuk menggunakan cairan yang mengandung anti karat.

Baca Juga: 6 Indikasi Kerusakan Pada Rem Mobil Anda

#2: Thermostat Tak Berfungsi

Mesin Overheat - Thermostat

Thermostat merupakan alat pengukur suhu di dalam mesin mobil yang berhubungan dengan sistem kerja radiator. Saat suhu mesin rendah, thermostat mengatur air untuk tetap berada di dalam radiator. Sementara itu, ketika mesin mobil panas, alat ini pun akan mengatur air untuk masuk ke dalam mesin.

Jika tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sistem sirkulasi air pendingin pun akan terganggu sehingga suhu mesin menjadi kacau. Lama-kelamaan, panas akan semakin naik sehingga menimbulkan overheat pada mesin.

#3: Menggunakan Oli Abal

Mesin Overheat - Oli Abal

Jangan pernah tergiur untuk membeli oli yang harganya murah dan tidak jelas mereknya. Cairan oli yang tidak berkualitas umumnya tidak akan kuat terhadap panas sehingga sangat cepat menguap. Mesin yang tidak dilumasi dengan oli pun berpotensi mengalami gesekan kuat sehingga menimbulkan overheat.

Selain karena kualitas oli yang buruk, oli pun dapat hilang karena terjadi kebocoran. Hal yang sama akan terjadi pada mesin. Salah satu indikasi mesin mobil panas bisa diketahui ketika muncul asap putih dari dalam kap.

#4: Kipas Pendingin Mati

Mesin Overheat - Kipas Pendingin

Pada radiator terdapat sebuah kipas yang berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Kipas ini dapat mengalami kerusakan atau salah pemasangan sehingga suhu yang tinggi terperangkap dan membuat mesin mobil panas. Oleh karena itu, pastikan bahwa kipas tersebut berfungsi dengan baik.

Jika mobil terus-terusan mengalami panas, cek kondisi fanbelt, apakah masih normal, kendur, atau putus. Anda juga perlu untuk memeriksa dinamo yang menggerakkan kipas tersebut. Biasanya kabel atau sekring yang sudah dimakan usia akan mudah putus.

Terakhir, periksalah pemasangannya jangan sampai terbalik. Penempatan kipas yang terbalik malah akan membuatnya menyedot udara panas dari luar. Kondisi area mesin yang sudah panas akan semakin tak terkontrol suhunya bila hal ini terjadi.

Garansi mobil bekas

Baca Juga: Cara Memilih Oli yang Tepat Untuk Mobil Anda

#5: Menggunakan BBM yang Tak Sesuai

Mesin Overheat - BBM

Mesin mobil panas juga bisa disebabkan oleh pemilihan bahan bakar minyak (BBM). Kandungan oktan yang tak sesuai dengan kebutuhan mobil dapat mengakibatkan knocking sehingga mobil akan overheat jika dibiarkan terus-menerus.

Ketahui terlebih dulu mengenai informasi BBM yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Jangan hanya karena murah, Anda memilih mengisi tangki bahan bakar dengan jenis yang tak sesuai. Malah mesin mobil bisa rusak dan biaya yang harus dikeluarkan jadi semakin besar.

Itulah beberapa sebab mesin mobil Anda bisa overheat. Semoga informasi serta tips dari OtoSpector di atas berguna untuk Anda semua!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Faktor Penyebab Mobil Mati Saat Hujan

Januari 30, 2024
Banyak faktor yang bisa jadi penyebab mobil mati saat hujan. Maklum saja, pada saat hujan atau cuaca sedang buruk, mobil memang cenderung rawan terkena gangguan. Pada gangguan yang parah, mobil malah bisa mogok tiba-tiba, di tengah jalan. Masalahnya, tidak semua pengemudi tahu paham penyebab mobil mereka mendadak mati saat hujan, termasuk cara mengatasinya. Nah, agar
Baca Lebih Lanjut

Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2024

Januari 30, 2024
Daftar mobil terlaris 2023 yang dirilis berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bisa menjadi indikasi kesuksesan penjualan mobil nasional sepanjang tahun. Data ini memberi gambaran, sejauh mana model-model unggulan dari brand-brand otomotif, mampu bersaing. Terutama di situasi yang semakin ketat setelah kebangkitan industri otomotif pasca-Pandemi Covid 19. Daftar mobil terlaris 2023 kali ini
Baca Lebih Lanjut

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024

Januari 30, 2024
Suzuki Karimun, apa yang langsung muncul di benak Otofriends kalau dengar mobil ini? Mungkin yang akan muncul adalah mobil kecil kencang, mobil irit dengan konsumsi BBM efisien dan lain sebagainya. Ada yang suka banget sama mobil ini, entah karena modelnya yang unik, dan juga ada yang membelinya karena sudah mulai langka, terutama pada generasi awal.
Baca Lebih Lanjut