Yuk Kenali 5 Ciri Dinamo Ampere Mobil yang Bermasalah

November 06, 2023
By jandika
Yuk Kenali 5 Ciri Dinamo Ampere Mobil yang Bermasalah-otospector

Aki adalah salah satu komponen dari mobil yang sangat penting. Karena fungsi dari aki adalah sebagai sumber listrik untuk kebutuhan perangkat mobil yang termasuk dalam sistem kelistrikan seperti starter, lampu dan lainnya.

Dari mana aki mendapatkan daya listrik tersebut? Jawabannya adalah dinamo ampere. Aki dapat terus terisi berkat kehadiran komponen satu ini, yang kerap juga sering disebut sebagai alternator. Cara kerjanya adalah dengan mengubah energi mekanik menjadi listrik arus bolak-balik.

Ciri Rusaknya Alternator Mobil

Perlu diketahui, bila alternator mobil rusak, penggunaan daya bisa menjadi lebih besar dari pemakaian, dan ini mengakibatkan yang montir mobil sebut aki “tekor”. Jika ini terjadi, suplai tenaga dari aki bisa habis dalam kurun waktu kurang dari 30 menit, lho! Mobil menjadi bermasalah dan bisa mogok secara tiba-tiba.

Supaya hal ini tak terjadi, kenalilah ciri yang menunjukkan kondisi rusaknya alternator seperti berikut ini.

#1: Tercium Bau Terbakar

Alternator Mobil bekas

Kerusakan pada dinamo ampere mobil bisa Anda tangkap mulai dari indera. Pertama, biasanya bila tercium bau karet terbakar, bisa jadi kabel alternator terbakar akibat gesekan karena belt yang tidak terpasang dengan baik. Pastikan dari mana bau tersebut berasal, jika dari alternator, segera bawa ke bengkel terdekat.

#2: Terdengar Decitan

Belt Alternator mobil bekas

Hal kedua adalah bila terdengar bunyi mendecit dari ruang mesin. Umumnya bila muncul suara seperti itu, berarti ada posisi pulley yang tidak sejajar. Kondisi ini pun membuat belt alternator menjadi melintir sehingga suara decitan pun keluar.

Aplikasi Otos Jual Mobil Bekas

Baca Juga: Perhatikan Ciri-ciri Saatnya Ban Mobil Anda Perlu Diganti

#3: Lampu Sorot Mobil Meredup

Lampu Mobil Meredup

Suplai listrik yang mulai melemah akibat rusaknya alternator pun dapat Anda ketahui dari intensitas cahaya lampu mobil. Saat tengah berkendara di malam hari, cahaya lampu tersebut akan makin kelihatan terangnya. Bila makin meredup, cobalah lakukan pengecekan pada komponen alternator mobil Anda.

#4: Lampu Indikator di Dashboard Menyala

Indikator Accu Menyala dari mobil bekas

Energi listrik dari baterai yang kian menurun, akan ditunjukkan sistem mobil melalui lampu indikator yang menyala. Lampu ini dapat Anda temui pada bagian dashboard mobil dengan gambar berbentuk baterai accu.

Selain karena kondisi baterai yang melemah, bisa jadi hal ini pun menunjukkan terjadinya masalah pada dinamo ampere. Bila lampu tersebut menyala, namun tidak ada masalah pada aki, segera lakukan pengecekan pada komponen alternator.

#5: Aki Tetap Tak Berfungsi Normal

Cek Tegangan Aki mobil bekas

Saat suplai energi listrik tak lagi maksimal, banyak orang yang cenderung menyimpulkan letak masalah pada aki. Agar aki kembali berfungsi normal, mereka pun melakukan pengisian daya ulang atau bahkan hingga menggantinya. Bila sudah melakukan kedua hal tersebut namun berbagai bagian mobil tidak berfungsi baik, bisa jadi masalah yang terjadi terletak pada dinamo ampere.

Maka itu, ketika mendapati 5 ciri di bawah ini, itu berarti ada masalah pada alternor. Segera lakukan pemeriksaan lanjut!

Garansi mobil bekas

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak

Penyebab Kerusakan Alternator

Perlu Anda ketahui, dinamo ampere mobil dikenal sebagai komponen yang jarang mengalami kerusakan. Namun begitu, umumnya penyebab kerusakannya diakibatkan oleh beberapa hal di bawah ini.

  1. Output energi alternator tidak sesuai (terlalu tinggi). Hal ini biasanya diakibatkan oleh pemasangan komponen elektrik yang tidak standar dan dengan beban yang besar.
  2. Kondisi yang tidak baik pada kontak antara carbon brush dengan rotor slip rings sehingga arus listrik ke rotor coil pada alternator jadi terhambat.
  3. Belt yang kendur hingga lepas dari putarannya pun dapat membuat alternator tidak berjalan dengan baik. Jika dibiarkan, maka ciri yang sudah disebutkan di atas seperti munculnya bau terbakar dan suara berdecit pun akan muncul.

Tidak sulit bukan mengetahui kondisi alternator yang rusak? Semoga ulasan OtoSpector di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Begini Cara Top Up E-Money Di HP

Januari 08, 2024
Cara top up e-money di HP sangat penting dipahami oleh para pengguna jalan tol. Alasan pertama, tentu karena saat ini semua pembayaran tol di Indonesia saat ini memang hanya bisa dengan uang elektronik yaitu kartu emoney. Mau tidak mau, Otofriends harus menyediakan kartu e-money dengan saldo yang cukup. Namun suatu saat bukan tidak mungkin saldo
Baca lebih lanjut

Cek Poin-Poin Ini Ketika Mau Beli Mobil Bekas

Januari 08, 2024
Hai otofriends! Kalau lagi mikirin beli mobil bekas, ini nih tips seru buat kalian! Pertama, tindakan kamu membeli mobil bekas yang akan dijadikan mobil pertama adalah salah satu tindakan yang sangat tepat. Karena membeli mobil bekas bisa menjaga keuangan kamu, tidak terlalu terbeban akan DP sampai cicilan per bulan yang begitu besar. Tapi sebelum memutuskan
Baca lebih lanjut

Mulai 250jt Harga Toyota Fortuner Bekas Per 2024

Januari 08, 2024
Toyota Fortuner adalah mobil SUV yang menjadi salah satu mobil favorit konsumen di Indonesia. Selain karena performanya yang tangguh, penampilan keren, fitur lengkap, mobil ini juga menyandang brand Toyota yang sudah banyak dipercaya. Ga heran, kalau harga Fortuner bekas masih relatif stabil. Toyota Fortuner dijual dalam kondisi bekas di Indonesia sangat diburu, kamu salah satunya
Baca lebih lanjut