Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya

Juni 05, 2017
By jandika
Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya-otospector

Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas, selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga tidak mengalami penyusutan harga yang signifikan. Akan tetapi, salah satu kekurangan membeli mobil bekas tahun tua adalah tampilan nya yang mungkin sudah ketinggalan zaman.

Kali ini Otospector akan membahas beberapa cara menyulap mobil bekas menjadi seperti baru dengan memberikan sentuhan yang tepat. Mau tahu? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

#1: Poles Bodi dan Kaca

Poles Mobil

Salah satu musuh terbesar mobil bekas yang membuatnya tampak kusam adalah cat yang memudar serta kaca jendela yang tak lagi bening. Apabila kedua bagian eksterior mobil Anda masih dalam kondisi baik, langkah untuk menyulapnya tampak baru adalah cukup dengan melakukan polish.

Anda bisa melakukan proses polish atau poles permukaan cat serta kaca mobil secara mandiri di rumah. Prosesnya dimulai dari tahap pencucian lalu pemolesan dengan cairan poles khusus kaca dan bodi. Prosesnya sedikit rumit dan juga memakan waktu yang cukup lama, jadi Anda harus ekstra sabar.

Cara lain yang lebih mudah, Anda bisa memasukkan mobil bekas Anda ke salon mobil. Biasanya untuk proses ini, Anda harus merelakan mobil untuk diinapkan selama satu hari. Biaya yang perlu Anda keluarkan umumnya berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta-an tergantung ukuran mobil.

#2: Mengecat Kembali Mobil

Proses Pengecatan Mobil

Langkah modifikasi mobil bekas yang satu ini perlu Anda lakukan apabila kondisi cat telah mengelupas atau pecah. Selain memperbaiki kondisi permukaan mobil, warna dari kendaraan bekas Anda pun akan lebih segar dan berkilap sehingga penampakannya dapat menyerupai kondisi baru.

Setelah proses pengecatan mobil kembali, ada baiknya Anda melakukan langkah lanjutan yaitu wax bodi. Bagi Anda yang masih sedikit bingung, wax tidak sama dengan proses polish. Melakukan wax pada mobil berarti memberikan proteksi untuk mencegah warna cat cepat menjadi pudar.

Cairan wax yang dioleskan secara merata pada permukaan mobil, membantu memancarkan warna dan kilap mobil. Selain itu, cairan tersebut pun berfungsi sebagai sun block sehingga mobil yang baru saja dicat tidak mudah kusam.

Baca juga: 4 Alasan Anda Harus Cek Kondisi Sebelum Beli Mobil Bekas

#3: Ganti Gaya Eksterior

Modifikasi Mobil Bekas - Velg

Memberikan nuansa beda dan baru pada mobil bekas bisa Anda lakukan dengan menambahkan body kit pada mobil. Umumnya kit tambahan ini dipasang pada bagian bawah dan samping mobil. Ada pula orang yang memasang bagian wings pada bagian belakang sehingga mobil tersebut tampak sporty.

Modifikasi mobil bekas lainnya pada bagian eksterior yang cukup sering dilakukan ialah mengganti velg dengan tampilan modern dan sporty. Pilihan velg racing dengan warna krom akan menambah kesan baru serta stylish pada mobil. Warna lain seperti putih dan hitam pun kerap dijadikan pilihan.

Tidak hanya velg yang bisa membuat mobil bekas tampak baru dalam sekejap. Mengganti lampu depan serta belakang dengan menggunakan desain yang terbaru pun bisa dilakukan. Penampakan mobil bekas pun bisa mendadak jadi garang dan makin menarik dipandang.

#4: Ganti Gaya Interior

Interior Mobil bekas

Adalah salah besar jika Anda hanya berfokus melakukan modifikasi pada bagian eksterior saja. Agar mobil bekas dapat tampak baru, Anda pun bisa memberikan polesan pada bagian interior mobil yang sudah ketinggalan zaman.

Bagian interior yang sering termakan usia seperti setir, tuas transmisi, hingga jok mobil dapat Anda ganti dengan gaya terkini. Ada banyak tempat yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik dan mengubah bagian-bagian tersebut secara custom.

Umumnya bagian interior mobil bekas yang sudah jadul diganti dengan material kulit yang klasik dan juga elegan. Cara yang satu ini pasti akan ampuh membuat kendaraan Anda jadi tampak baru dan juga menambah kenyamanan Anda berkendara.

#5: Upgrade Perangkat Entertainment dan Fitur

Entertainment Mobil Bekas

Mungkin di zamannya, mobil bekas yang Anda miliki merupakan kendaraan paling keren dan diidamkan banyak orang. Namun di era yang semakin canggih seperti ini, mobil-mobil keluaran tahun 90-an sudah ketinggalan zaman, jika melihat dari teknologi yang digunakan.

Anda jangan berkecil hati, sebab modifikasi mobil bekas dengan meng-upgrade audio, sound system, dan fitur pun kini banyak dilakukan.

Contoh pertama ialah perangkat entertainment. Mobil bekas keluaran tahun 90-an hingga 2000-an awal, masih menggunakan jenis tape jadul dengan kaset atau CD. Anda bisa mengganti tape mobil Anda dengan yang sudah dilengkapi dengan perangkat touch screen, plug kabel AUX, dan USB untuk memutar musik.

Selain perangkat entertainment yang sudah modern, ada beberapa fitur atau fasilitas lainnya yang tidak dimiliki mobil bekas dan jadul. Contohnya ialah perangkat GPS dan juga kamera belakang mobil untuk mempermudah proses parkir. Keduanya pun bisa Anda tambahkan pada mobil bekas yang dimiliki.

Sebelum Anda melakukan modifikasi, Anda harus pertimbangkan kembali jika ingin melakukan modifikasi yang bersifat permanen, karena modifikasi permanen akan mengurangi harga jual mobil Anda ke depannya.

Kenapa? Karena dealer atau showroom ingin mobil yang mereka beli dalam kondisi se-orisinil mungkin. Semakin banyak komponen yang orisinil semakin bagus.

Tidak perlu khawatir jika modifikasi tidak bersifat permanen, selama Anda menyimpan komponen orisinil yang diganti, modifikasi tersebut tidak akan mengurangi harga jual.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut

Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli. Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol
Baca Lebih Lanjut