Perjalanan Peugeot Stop Jualan di Indonesia

Mei 06, 2024
By Getan Metodius
Perjalanan Peugeot Stop Jualan di Indonesia-otospector

Mobil Peugeot, dengan sejarahnya yang panjang dan prestisius, telah menjadi salah satu ikon otomotif dunia. Dari mulai karya-karya inovatif hingga dominasi dalam balap, Peugeot telah menorehkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah industri mobil. Kamu salah satu penyuka mobil ini kah Otofriends? Namun sayangnya brand mobil ini sudah tidak berjualan mobil lagi di Indonesia.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Berhenti dari Indonesia.

Perjalanan Peugeot Stop Jualan di Indonesia

Sumber: merdeka.com

Peugeot Sales Operation – Pemimpin Eksekutif PT Astra International Tbk, yaitu Rocky Irvayandi, telah mengumumkan kalau ada pemberhentian penjualan kendaraan dengan merek kendaraan Peugeot di Indonesia. Dan keputusan ini dibuat sudah berdasarkan keputusan yang sudah diambil berdasarkan perintah dari Stellantis, yaitu pihak prinsipal Peugeot. 

“Berdasarkan informasi dari Stellantis, telah diambil keputusan strategis untuk menghentikan penjualan Peugeot di Indonesia. Ini adalah bagian dari strategi pertumbuhan bisnis Stellantis di kawasan ASEAN” kata Rokky seperti dikutip dari Antara, Sabtu (4/5/2024).

Untuk penjualan kendaraan Peugeot di Indonesia sudah resmi dihentikan dimulai dari hari Kamis (2/5). Sebelumnya Peugeot hanya fokus pemasarannya di kendaraan SUV, seperti Peugeot 3008, 2008, dan 5008. Namun hingga akhirnya beberapa tahun terakhir penjualan Peugeot mengalami penurunan.

#2: Data dari Gaikindo.

peugeot di indonesia

Sumber: kompas

Tapi, kalau menurut sumber dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Peugeot hanya membukukan penjualan pada tahun 2022 sebanyak 451 unit kendaraan, penjualan pada tahun 2023 sebanyak 199 unit kendaraan, sedangkan di tahun 2024 pada bulan Januari sampai bulan Maret yang terjual hanya 38 unit saja.

Rokky Irvayandi menambahkan jika Astra sebagai penanggung Jawab atas penjualan kendaraan Peugeot di Indonesia, menghormati dan menghargai keputusan yang sudah diambil oleh Stellantis. Dan langkah yang diambil oleh Stellantis ini adalah menjadi salah satu strategi mereka untuk di pasar ASEAN yang penuh tantangan dan dinamis.

Namun, ketika ditanya perihal mengenai pengaruh atas hadirnya berbagai macam nya merek China, namun Rokky menegaskan jika keputusan Stellantis tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. “Ucapnya.

Berita ini menjadi tanda akhir dari kehadirannya Peugeot di pasar otomotif yang ada di Indonesia. Sebuah langkah besar yang diambil oleh Stellantis untuk segera menyesuaikan diri dari perubahan serta tantangan yang ada di lingkungan bisnis global.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

#3: Masuk ke Indonesia pertama kali.

Sumber: Kompas

Mobil berlogo singa ini dimulai tahun 1972 otofriends, masuk ke Indonesia melalui Multi Finance Motor dibawah dari grup otomotif besar Astra. Versi pertama yang resmi masuk ke tanah air adalah Peugeot 504 yang mulai dipasarkan tahun 1973 sontak langsung dapet sambutan sangat baik dari publik.

Lalu produsen mulai berani nih masuk dengan varian yang lebih tinggi atau mewah yaitu 604 di akhir tahun 70-an. Lanjut makin punya nama dan mulai ada peminat yang cukup bagus, sampai 2001 ada penggantian APM menjadi Astra France Motor.

Tahun 2003 nama Peugeot sangat bagus dengan prestasinya di balap mobil reli. Ya meskipun model 206 kala itu hanya mampu bersaing 3 tahun model 206 sudah masuk sebagai mobdel dengan sales terbanyak dalam sejarah Peugeot di tanah air.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 8 Mobil Bekas Berkualitas 2024 Harga di Bawah 100 Juta

Sampai pada tahun 2006 kembali berubah nama menjadi Astra Peugeot Sales Operation yang mengatur penjualan dan layanan purna jual lini bisnis otomotif grup Astra khusus merek Peugeot kini sudah di bawah PT Astra International Langsung. 

Peugeot masih punya peminat.

Meskipun begitu, peminat mobil ini juga masih ada kok, meskipun tidak bisa membeli yang baru, mobil bekasnya juga masih terjual di market. Tapi perlu diperhatikan, ketika mau beli mobil bekas, haruslah teliti, dan untuk memudahkan gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspeksi mobil dari Otospector akan membant kamu untuk membuat keputusan mobil bekas mana yang patut kamu beli, apalagi Otospector punya paket pengecekan mobil untuk 2 atau 3 mobil sekaligus yang sangat terjangkau.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya. Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat
Baca Lebih Lanjut

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut