Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

Mei 07, 2024
By Thomas W
Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya-otospector

Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

 Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut, apalagi di cuaca yang buruk. Padahal kondisi itu sangat berbahaya untuk keselamatan berkendara karena pandangan yang terbatas. Nah, di sinilah manfaat dari defogger dalam meminimalkan risiko tersebut. 

Apa sebenarnya fungsi defogger mobil? Mari kita lihat pemaparannya agar lebih jelas:

#1: Asal Muasal Embun dan Kabut Pada Kaca Mobil

Fungsi Defogger Mobil

Sumber: Evercareprotection.com

Ada beberapa situasi yang memicu timbulnya embun. Pertama, udara luar yang dingin akan membuat kaca juga ikut dingin. Napas orang-orang di dalam kabin akan menjadi uap dan menempel pada kaca sehingga terkondensasi menjadi embun. 

Bisa juga karena AC mobil yang dingin bertemu dengan kaca mobil yang lebih hangat. Proses ini akan membuat terjadinya kondensasi dan terbentuk embun. 

Embun juga bisa muncul pada saat hujan di mana kandungan uap air menjadi tinggi. Saat AC dinyalakan, udara tersebut didinginkan dan menjadi embun pada kaca mobil yang hangat.

Baca juga: Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

#2:  Fungsi Defogger Mobil

Fungsi Defogger Mobil

Pada saat terjadi embun atau kabut di kaca dan pandangan pengemudi terhalang, defogger akan mengantarkan panas sehingga embun bisa hilang dengan cepat.

Defogger sebenarnya terbagi menjadi defogger untuk kaca depan dan kaca belakang. Pada kaca depan, defogger memanfaatkan proses kerja AC mobil yang mengembuskan udara dingin.  

Sementara pada kaca belakang, defogger bentuknya seperti garis-garis horizontal tipis yang melintang dari kiri ke kanan.

beli mobil bekas di tokopedia

 #3: Cara Kerja Defogger Kaca Depan

Fungsi Defogger Mobil

Sumber: Hyundai.com

Defogger ini disebut juga defogger jenis primary. Biasanya akan kita temui pada mobil yang dilengkapi sistem pendingin atau AC.

Defogger bekerja dengan cara menghangatkan kaca depan. Cara kerjanya mengikuti aliran udara bersih yang dihisap oleh AC dan dikeluarkan lagi menjadi udara dingin. 

Sebelum keluar, udara akan melalui pemanas (heater) sehingga suhunya menjadi hangat. Lalu disalurkan melalui ventilasi di bawah kaca depan dan kehangatannya akan menghalau embun pada kaca.

Untuk mengaktifkan defogger jenis ini, Otofriends tinggal memilih opsi defogger pada tombol AC.  

#3: Cara Kerja Defogger Kaca Belakang

Fungsi Defogger Mobil

Sumber: Gridoto.com

Defogger kaca belakang atau disebut juga secondary, cara kerjanya agak berbeda dengan primary. 

Defogger bekerja menggunakan aliran arus yang sangat kecil ke elemen pemanas di kaca belakang. Kaca kemudian menjadi hangat dan bisa menghalau embun yang terbentuk. 

Cara mengaktifkan defogger ini, tinggal tekan tombol defogger (berupa tiga panah melengkung). Tapi ingat, harus dimatikan jika dirasa kaca sudah cukup bersih! 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Hal yang Harus Dipahami Dalam Pemakaian Defogger

Fungsi Defogger Mobil

Sumber: Toyota.astra.co.id

Dalam pemakaian defogger, Otofriends harus menyadari, bahwa alat ini berbeda dengan wiper. Defogger hanyalah menghilangkan embun dan tidak bisa menghilangkan kotoran seperti pada wiper. 

Yang tidak kalah penting, defogger sebaiknya tidak digunakan terus menerus, karena dapat menyebabkan keretakan pada kaca. Meski kita jarang mendengar kasusnya, tapi bisa saja terjadi jika pengemudi lupa mematikan defogger dalam jangka waktu lama. 

Keretakan kaca timbul akibat adanya panas yang memicu pemuaian dan kontraksi pada kaca. Awalnya mungkin hanya berupa keretakan mikro, namun lama-lama bisa menjadi besar dan membuat kaca pecah.

Baca juga:  5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Cara mencegah kaca bermasalah saat hujan

Kondisi kaca mobil harus selalu dirawat secara berkala agar selalu siap menghadapi cuaca buruk. Caranya bisa dengan pemolesan dan pemakaian cairan penolak air dengan efek daun talas. Dengan perawatan semacam ini, maka kaca dipastikan akan bisa selalu cerah sampai 3 bulan.

Pastikan jika membeli mobil mobil bekas mendapatkan mobil yang dalam kondisi baik. Dari sisi eksterior, interior, sampai mesin sudah di cek menyeluruh oleh jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan melakukan inspeksi mobil bekas, maka Otofriends akan terhindar dari ketidakpuasan karena salah memilih mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

April 18, 2024
Membuka tutup radiator mobil memang kadang harus dilakukan pada beberapa kondisi. Namun Otofriends harus berhati-hati karena tindakan ini hanya bisa dilakukan dengan  memperhitungkan kondisi dari radiator saat itu. Apakah suhunya masih panas atau sudah cukup dingin. Selain kondisinya, Otofriends juga harus tahu cara membuka tutup yang benar. Karena kalau salah cara bukanya, bisa-bisa malah akan
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

April 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut

Apa Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

April 18, 2024
Hi Otofriends, rem mobil yang kurang pakem adalah masalah serius yang dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Supaya bisa mengatasinya dengan efektif, penting nih untuk kita memahami penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya. Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem #1: Kampas Rem Sudah Aus atau Ada Sumbatan. Kampas rem yang aus atau
Baca Lebih Lanjut