5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
By Getan Metodius
5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas-otospector

Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah pasti kualitas nya yang masih sangat bagus. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karena biasanya sebagian orang membeli mobil bekas itu pasti banyak sekali yang dipikirkan, seperti cara perawatannya, harganya, dan lain sebagainya. Apa lagi di era sekarang ini sudah modern, karena untuk merawat mobil bekas sudah tidak ribet lagi, asalkan sudah tahu cara perawatannya. Jika perawatan sudah baik, maka mobil bekas kamu bisa berfungsi juga dengan baik, dan sudah terbebas dari karat.

Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat mobil bekas kamu agar tetap awet dan terhindar dari karat.

#1: Rutin Servis.

rutin service mobil

Sumber: blibli

Cara pertama untuk merawat mobil bekas kamu adalah dengan cara melakukan servis secara rutin. Hal ini dilakukan untuk selalu memastikan kalau setiap bagian mobil kamu dapat berfungsi dengan sangat baik. Selain itu juga jika kamu rutin melakukan servis maka bisa membantu kamu untuk menghindari masalah yang tak terduga yang ujung-ujung akan menimbulkan masalah yang serius pada mesin mobil kamu.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

#2: Rutin Mengganti Oli.

ganti oli mobil

Sumber: KKB BCA

Lalu cara yang kedua ini adalah kamu harus rutin mengganti oli mobil kamu. Seperti yang kita ketahui bahwa oli menjadi peran yang sangat penting untuk mesin mobil karena fungsi oli pada mesin mobil untuk melumasi komponen mesin mobil agar tidak mudah cepat haus. 

Jika oli mesin mobil kamu sudah kotor maka kinerja nya akan semakin menurun dan tidak berfungsi pada semestinya. Maka dari itu kamu harus rutin mengganti oli agar mesin mobil kamu tetap bekerja dengan baik.

#3: Menghindari Dari Genangan Air.

mobil lewati genangan

Sumber: Mitsubishi Motors

Cara perawatan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghindar dari genangan air yang ada di jalan. Karena jika kamu sudah terlalu sering menerobos genangan air maka itu bisa menyebabkan mesin kamu jadi korosi atau karatan. 

Yang perlu diketahui air yang berada di dalam genangan tersebut sudah mengandung garam yang bisa menyebabkan proses oksidasi pada besi sehingga dalam proses tersebut dalam menyebabkan karat atau korosi. 

#4: Selalu Rawat Mesin Mobil.

perawatan mesin mobil

Sumber: Kawan Lama

Jika mesin mobil kamu di rawat dengan baik maka yang akan terjadi mesin mobil kamu umurnya akan lebih panjang serta akan memiliki performa yang sangat baik, dan mobil bekas kamu dikategorikan sebagai mesin yang sehat.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah tetap menggunakan bahan bakar yang premium, dan juga rutin untuk membersihkan serta memeriksa bagian komponen pada mesin mobil.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

#5: Tetap Berada di Kapasitas Beban Yang Dianjurkan.

barang bawaan mobil

Sumber: Warta Kota

Yang terakhir adalah jangan biarkan mobil kamu berada di kapasitas yang terlalu berat. Misalnya jangan mengangkut beban yang berat, yang melebihi dari kapasitas mobil pada umumnya. Karena jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada rem, suspensi, serta komponen lainnya. 

Saran beli mobkas:

Seperti di awal pembahasan tadi Otofriends, kita perlu tahu manakah mobil yang patut kita beli. Dengan begitu kita akan nyaman menggunakannya, kalau mau beli mobil bekas pakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja deh, no 1 di Indonesia.

Inspeksi mobil dari Otospector sebagai pionir dan terbaik di Indonesia. Beli mobil bekas? Gak takut dong, ada Otospector yang bantuin.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2024

Januari 30, 2024
Daftar mobil terlaris 2023 yang dirilis berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bisa menjadi indikasi kesuksesan penjualan mobil nasional sepanjang tahun. Data ini memberi gambaran, sejauh mana model-model unggulan dari brand-brand otomotif, mampu bersaing. Terutama di situasi yang semakin ketat setelah kebangkitan industri otomotif pasca-Pandemi Covid 19. Daftar mobil terlaris 2023 kali ini
Baca Lebih Lanjut

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024

Januari 30, 2024
Suzuki Karimun, apa yang langsung muncul di benak Otofriends kalau dengar mobil ini? Mungkin yang akan muncul adalah mobil kecil kencang, mobil irit dengan konsumsi BBM efisien dan lain sebagainya. Ada yang suka banget sama mobil ini, entah karena modelnya yang unik, dan juga ada yang membelinya karena sudah mulai langka, terutama pada generasi awal.
Baca Lebih Lanjut

Ini Ciri Kopling Mobil Mulai Habis

Januari 30, 2024
Salah satu komponen yang juga nggak boleh luput dari perhatian adalah kampas kopling mobil. Namun pemilik mobil juga harus mengetahui apa aja ciri – ciri jika kampas kopling sudah mau habis. Berikut inii ada penjelasan tentang ciri – ciri kampas kopling yang habis dan  fungsi dari kampas kopling. Pengertian kampas kopling beserta fungsinya Pengertian dari
Baca Lebih Lanjut